Riau

Dinilai Belum Legal, UNISI Usir Sanggar Tuah Abdi

TEMBILAHAN (MR) - Universitas Islam Indragiri (UNISI) mengusir keberadaan Sanggar Tauh Abdi dari lingkungan kampus. Dimana, Sanggar Tuah Abdi tersebut berbeskem di UNISI sejak 4 bulan terakhir, tepatnya di Gedung Fakultas Hukum jalan HR Soebrantas Tembilahan.

Diakhir tahun 2016, tepatnya pada tanggal 30 Desember 2016, surat resmi UNISI terbit dengan nomor: 801/UNISI/A.3/XII/2016 yang ditujukan kepada Sanggar Tuah Abdi tentang permohonan pengosongan tempat. Surat itu ditanda tangani oleh Wakil Rektor III UNISI bidang Kemahasiswaan, Ilyas S.Kom M.Kom.

Dalam surat tersebut terdapat 3 poin diantaranya, permintaan Fakultas Hukum dan ruangan tersebut akan difungsikan oleh Fakultas Hukum, kedua karena banyaknya laporan dari organisasi kampus yang lainnya, dan poin terakhir adalah belum adanya legalitas Tuah Abdi diorganisasi kampus UNISI.

Bahkan, dalam surat itu juga dicantumkan penegasan bahwa ruangan yang selama ini menjadi Sekretariat Sanggar Abdi harus dikosongkan selambat-lambatnya pada tanggal 3 Januari 2017.

Terkait hal ini, Ketua Sanggar Tuah Abdi M Fikri mengaku gelisah atas kebijakan pihak Kampus. Sebab katanya, sanggar yang dipimpinnya selama ini merupakan organisasi milik UNISI.

"Kami ini punya UNISI dibawah naungan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), karena SK resmi kami dikeluarkan oleh pihak DPM pada pertengahan tahun 2016 kemarin," ujar Fikri, Senin (2/1/2017).

Dijelaskan, SK dari DPM tersebut merupakan SK dalam bentuk sementara. Sebab saat ini, pihaknya masih melakukan proses pengajuan peningkatan SK resmi yang langsung ditandangani Rektor.

"Jikapun pihak Kampus tidak menerima keberadaan kami, mau tidak maulah lagi. Terpaksa kita out dari UNISI," imbuhnya.

Sekedar untuk diketahui, Sanggar Tuah Abdi ini merupakan gabungan dua sanggar yakni Sanggar Tri Serumpun FKIP dan Sanggar Kompeni Fakultas Ekonomi.

Selama Sanggar Tuah Abdi terbentuk, pihanya telah tampil beberapa kali baik di lingkungan Inhil maupun luar daerah. Diantaranya, Kemah teater di Kampar, temu teater mahasiswa nusantara di Medan dan pekan seni mahasiswa daerah di Pekanbaru.***(mir)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan