Riau

Damkar Inhil Fokus kepada Tujuh Utama Fondasi Optimalisasi Kerja

TEMBILAHAN (MR) - Keselamatan dalam bekerja merupakan hal paling utama, tentu semua peralatan harus sesuai standar operasional prosedur (SOP). 

Saat ini, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sedang mengupayakan mengedepankan 7 Utama Fondasi Optimalisasi Kerja bagi seluruh karyawan (personil) dilapangan. 

Pertama, mengutamakan keamanan dan keselamatan dalam bekerja. Artinya, seluruh personil Damkar harus selamat dalam menjalankan misi dititik kebakaran maupun mengevakuasi warga yang terdampak kebakaran. 

Kedua, disiplin, profesional, tangguh, terlatih, Trengginas (lincah & terampil) dan tidak berprilaku tercela. Maksud dari poin kedua ini personil Damkar dituntut tepat waktu dan stanbye jika ada warga meminta pertolongan ketika ada kebakaran dan sejenisnya. 

Personil juga diminta disiplin masuk kantor, terampil dan hati-hati serta pantang menyerah sesuai slogan Damkar 'pantang pulang sebelum api padam'. 

Ketiga, melayani dengan segenap jiwa dan raga untuk masyarakat. Personil Damkar diminta tulus melayani masyarakat Indragiri Hilir tanpa meminta balasan (bayaran) dari masyarakat. 

Keempat, siap siaga, siap disegala medan dan siap semua jenis kebakaran sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Personil harus standbyee 24 jam melayani masyarakat   tanpa pamrih. 

Kelima, kerjasama team terhadap penanggulangan kebakaran dan penyelamatan. Poin ini juga turut sangat penting bagi sesama personil, bekerjasama dan bahu-membahu memadamkan si jago merah. 

Keenam, saling melindungi tanpa menjatuhkan. Artinya ini, tidak saling jelek-menjelek dan tidak saling salah menyalahkan apabila ada kendala teknis dilapangan.

Kepala DPKP Indragiri Hilir Eddiwan Shasby menyebutkan poin ketujuh pulang menang, pulang selamat. Mengapa demikian, semua petugas dan korban kebakaran ingin selamat dari musibah kebakaran tanpa ada yang terluka ataupun kerugian material. 

"Maka dari itu, semua 7 poin utama fondasi itu kita buat agar masyarakat mengetahui. Saya sebagai kepala dinas Damkar berharap pencegahan kebakaran harus diutamakan, seperti sosialisasi kepada masyarakat," katanya. (mir)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan