Nasional

CVR Sriwijaya Air Ditemukan, Rekaman Suara Capt Afwan Akan Diungkap

MONITORRIAU.COM - Recorder (CVR) Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di sekitar perairan Kepulauan Seribu Januari lalu akhirnya ditemukan. Waktu hampir tiga bulan untuk menemukan benda penting itu, memunculkan spekulasi tim investigasi akan kesulitan untuk membuka rekaman suara Pilot Kapten Afwan dengan ATC.

Black box atau kotak hitam di mana CVR berada berisi data penting yang sifatnya sensitif. Itu tidak bisa dibuka di lokasi kejadian dan harus diamankan terlebih dahulu untuk dibuka oleh pihak yang memiliki otoritas dan kewenangan dalam melakukannya. Informasi terkait jenis kotak hitam yang digunakan dan penerbangan yang mengalami kecelakaan pun harus dikirimkan kepada Vehicle Recorder Division dan spesialis black box.

Dalam proses pembukaan black box terdapat banyak peraturan yang harus dilakukan. Contohnya, pengemasan kotak hitam harus dikemas di tempat penemuannya. Jika kotak hitam tersebut ditemukan di dalam air, maka pengemasan harus dilakukan di dalam air juga. Benda itu harus dimasukkan ke dalam kotak dan dilapisi dengan bubble wrap atau gabus demi melindunginya dari segala kecelakaan tak terduga selama pengiriman.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merupakan pihak yang berwenang untuk memeriksa black box. Data dalam kotak hitam akan diunduh, sebelum kemudian disimpan dalam format digital oleh pihak pemeriksa guna menjaga keamanan data.*** (okezone)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan