Riau

Pemprov Riau Komitmen Lakukan Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Zakat

Wagubri Edi Natar

PEKANBARU (MR) - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution menyampaikan bahwa untuk mendorong meningkatnya potensi zakat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berkomitmen melakukan pemberdayaan ekonomi umat melalui pengumpulan zakat.

Baik itu zakat penghasilan profesi Aparatur Sipil Negara (ASN), maupun karyawan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemprov Riau.

Ia menjelaskan, hal ini sejalan dengan instruksi Gubernur Nomor 1 tahun 2019 tentang pengumpulan zakat penghasilan profesi ASN dan karyawan BUMD di lingkungan Pemprov Riau melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Potensi zakat kita sangat luar biasa kalau kita bisa betul-betul memberdayakan zakat ini melalui Baznas ini," ujarnya dalam peluncuran Gerakan Cinta Zakat di Provinsi Riau, di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (22/4/2021).

Wagubri menyebutkan, di luar zakat yang diterima oleh Baznas, ada sebagian masyarakat Riau ini membayarkan zakatnya secara langsung atau perorangan. Hal ini dikarenakan kebiasaan masyarakat banyak yang memberikan ke penerima zakat secara langsung.

Saat ini perlu menyadarkan masyarakat untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas. Menurutnya perlu gerakan, baik itu berupa imbauan melalui ceramah agama di masjid terkait masalah zakat ini maupun kegiatan lainnya. Karena zakat ini harus sering diingatkan kalau tidak diingatkan mungkin banyak orang yang lupa bahwa itu setara dengan kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan.

"Oleh karena itu, saya memiliki keyakinan sebenarnya potensi zakat kita yang dikumpulkan lebih dari itu, namun memang perlu selalu ditingkatkan," ucapnya.

Pihaknya berharap kedepannya semakin banyak orang-orang yang sadar akan kewajiban membayar zakat melalui Baznas, sehingga dapat membantu ekonomi masyarakat yang tidak mampu.

"Saya sering mengatakan bahwa derajat orang membayar zakat itu ya tidak bisa ditawar-tawar, dengan disalurkannya zakat melalui Baznas ini diharapkan dapat mengangkat perekonomian masyarakat," tuturnya. 

Wagubri menambahkan, Pemprov Riau senantiasa memberikan dukungan sepenuhnya kepada Baznas Riau melalui sosialisasi edukasi informasi dan lain sebagainya untuk meningkatkan jumlah potensi zakat di Riau.

Pihaknya juga mengharapkan melalui peluncuran Gerakan Cinta Zakat ini, menjadi tugas bersama untuk dapat menumbuhkan kesadaran dan keikhlasan masyarakat agar dapat menyalurkan zakatnya kepada Baznas.gb

"Mari budayakan zakat infak dan sedekah agar berguna bagi kemaslahatan masyarakat," tutupnya. (YW) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan