Riau

Rapat Bersama Kepala BNPB RI, Gubri Paparkan Kondisi Riau

PEKANBARU (MR) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar rapat koordinasi bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia guna membahas penanganan Covid-19 dan Mitigasi bencana di Provinsi Riau di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (22/4/2021).

Rapat tersebut dipimpin oleh Kepala BNPB RI Doni Letnan Jenderal TNI Doni Monardo dan didampingi Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar. Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir dan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi dan Dinas terkait unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau. Rapat ini juga diikuti seluruh Bupati/Wali Kota di Provinsi Riau secara virtual. 

Gubri Syamsuar dalam laporannya menyampaikan bahwa kondisi di Riau beberapa minggu terakhir terutama pada bulan April mengalami kenaikan sehingga jumlah terkonfirmasi Covid-19 sampai saat ini mencapai 39.513 kasus.

Dari jumlah tersebut antaranya terdiri dari jumlah pasien yang melaksanakan isolasi mandiri 2.175, dirawat di rumah sakit ada 685 orang serta sembuh ada 35.673. Angka kesembuhan sekarang ini 90,3 persen, sementara yang meninggal dunia mencapai 980 orang yaitu 2,5 persen.

Ia juga menyampaikan bahwa tren yang tinggi di Provinsi Riau ini ada 5 Kabupaten/kota. Di antaranya pertama adalah Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, dan kabupaten Bengkalis.

"Trend kasus positif Riau ini naik mulai Maret, pada Januari kita tinggi kemudian februari kita turun. Maret kita naik dan Aprilnya naik sekali," jelasnya.

Menurutnya, Riau sebelumnya tidak pernah angka kasus diatas 400 dan sekarang ada berapa hari terakhir angka kasus di atas 400, sebelumnya 410 bahkan kemaren 460 kasus.

Ia juga melaporkan bahwa untuk ruang isolasi saat ini masih tersedia dan dapat dimaklumi untuk ruang ICU sudah terpakai sekarang 52 persen dan ruang isolasi di semua rumah sakit di provinsi Riau yang memiliki kapasitas 100.000 orang lebih dan mencapai 49 persen.

Selain itu ia juga menyampaikan bahwa untuk kebakaran hutan dan lahan masih dapat dikendalikan karena saat ini di Riau musim hujan dan ada beberapa daerah ada yang banjir.

"Kemaren ada juga di Indragiri hulu kemudian di Rokan Hulu tetapi saat ini sudah surut, selain itu juga terjadi angin puting beliung yaitu di wilayah indragiri hilir sehingga terjadi kerusakan dan lainnya di daerah tersebut," pungkas Gubri melaporkan kepada Kepala BNPB RI Doni Letnan Jenderal TNI Doni Monardo. (YW) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan