Riau

Hujan Deras, Jayamukti Terendam Banjir

DUMAI (MR) - Dampak intensitas hujan yang turun semalaman di Kota Dumai mengakibatkan banyak gang-gang bahkan Jalan Kesuma yang ada di Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur terendam banjir.

Terlihat jelas air menggenangi gang-gang sedalam di atas mata kaki orang dewasa. Bahkan banyak rumah-rumah warga yang ikut terendam banjir akibat derasnya hujan turun.

Dalam hal ini Monitorriau.com langsung menkonfirmasi ke Lurah Jaya mukti Zembrizon, S.Sos terkait banjir ini.

"Kami dari pihak kelurahan selama ini sudah berupaya melakukan gotong-royong membersihkan parir-parit sepanjang Jalan Kesuma bersama warga," Terangnya Senin (26/4/2021). 

Pihak Kelurahan beserta LPMK, Karang Taruna, Ormas Pemuda Pancasila dan warga sudah sering melakukan gotong-royong membersihkan parit-parit secara manual, tetapi hasilnya belum maksimal. Bahkan pihak Kelurahan sudah pernah mendatangkan alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai untuk Normalisasi Parit-parit yang ada.

"Penyebab utama tidak berfungsi drainase adalah terjadinya pendangkalan Parit," lanjutnya. 

Normalisasi yang dilakukan dengan menggunakan alat berat ini hanya bisa dilakukan untuk parit-parit yang belum tertutup atau yang belum dicor semen oleh pemilik lahan.

Salah seorang pedagang Ihsan yang berdagang di toko di Jalan kesuma mengatakan, "paritnya sudah tidak sanggup lagi menampung air akibat sudah dangkalnya parit," kata Ihsan.

Normalisasi parit di sepanjang Jalan Kesuma sudah dibahas dalam Musrenbang dan di prioritaskan utama pengerjaannya dalam Musrenbang untuk Tahun 2022.

"Semoga ada tindakan dari dinas terkait," tutup Zembrizon. 

Harapannya untuk tidak terjadinya lagi banjir di Kelurahan Jayamukti ini, harus ada tindakan dari dinas-dinas terkait untuk merealisasikan pengerjaannya dan kepada masyarakat juga diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan kedalam parit. (Vanche)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan