Di Masjid Raudhatus Sholihin

Datangkan K.H Tengku Zulkarnain, Pemko Gelar Malam Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1442 H

Wali Kota Dumai, H. Paisal SKM MARS saat memberikan sambutan di Masjid Raudhatus Solihin

DUMAI - Pemerintah Kota (Pemko) Dumai menggelar malam Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1442 Hijriah di Masjid Raudhatus Sholihin, Jalan Sidorejo, Kelurahan Ratusima, Rabu malam (28/4/2021).

Peringatan Nuzulul Qur’an kali ini mendatangkan Ustadz K. H. Tengku Zulkarnain asal Jakarta. Kegiatan diawali dengan Shalat Isya dan Shalat Tarawih Berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an.

Dalam sambutannya, Wali Kota Dumai H. Paisal SKM, MARS menegaskan bahwa peringatan - peringatan keagamaan yang kita laksanakan, khususnya malam ini (Nuzulul Qur’an) bukan hanya sekedar kegiatan seremonial saja. Insya Allah dibulan Juni tahun depan, anak - anak yang akan melanjutkan pendidikan di Sekolah Dasar (SD) harus memiliki ijazah dari Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). 

“Karena, program kita kedepan. anak - anak Dumai harus bisa Shalat dan Mengaji. Dan selama enam tahun di Sekolah Dasar kita harapkan anak - anak kita juga bisa hapal 30 Juz. Agar program kita ini berjalan, tentunya kita sangat mengharapkan seluruh dukungan masyarakat, khususnya orang tua,” harap Paisal. 

Kota Dumai saat ini masih dilanda pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), untuk itu Wali Kota Dumai meminta kepada seluruh masyarakat Dumai agar tetap mentaati Protokol Kesehatan (Prokes) dan juga menerapkan 3M yakni mencuci tangan pakai sabun, memakai maskes dan menjaga jarak.

“Mohon doa seluruh masyarakat Dumai agar Covid-19 ini segera berlalu dari kota yang kota yang kita cintai,” pinta Paisal seraya menambahkan, meskipun Dumai masih disusana pandemi Covid-19, namun Alhamdulillah ekonomi di Kota Dumai tetap berjalan. 

Terakhir Paisal juga mengharapkan dukungan seluruh pihak agar visi Dumai menjadi Kota yang Unggul dan Idaman dapat terwujud.

“Mari kita ramaikan Masjid, Insya Allah kita akan diberi keberkahan Allah SWT. Sekali lagi kita ingin menciptakan generasi penerus bangsa yang beriman dan bertaqwa,” tutupnya. 

Malam Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1442 Hijriah diakhiri dengan doa dan tausiah Ustadz K. H. Tengku Zulkarnain. 

Malam ini paling dinantikan umat Islam karena tepat terjadi peristiwa besar dalam sejarah agama Islam, yaitu malam turunnya kitab suci Al-Qur’an.

Berbeda dengan kitab suci sebelumnya, Al-Qur’an diturunkan secara bertahap atau berangsur-angsur sesuai kebutuhan dan persoalan yang dihadapi umat Islam.

Diceritakan pada malam 17 Ramadhan, malaikat Jibril menyampaikan wahyu Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hira. Kemudian meminta Nabi Muhammad untuk Iqra’ (bacalah) tertuang dalam Surah Al Alaq ayat 1-5.

Peristiwa malam Nuzulul Qur’an telah dijelaskan dalam Surah Al Baqarah ayat 195 yang memiliki arti, “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan permulaan Al-Qu’ran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (yang hak dan batil)”.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan