Opini

Lebaran Asyik Tanpa Mudik

Ganda Jaya Siregar

PUNCAK dari perjalanan berpuasa sebulan penuh akan diakhiri dengan tradisi saling bermaafan saat lebaran serta mudik ke kampung halaman.

Namun iringan ritual Ramadhan dan Lebaran tahun ini sepertinya harus absen dengan mudik selain dikarenakan pandemi masih berwujud, pemerintah pun secara normatif telah meniadakan denyut kegiatan mudik.

Sebagai individu, aturan-aturan pemerintah sebagai rule of the game dalam ber-warganegara tentu tak patut untuk dilanggar. Menahan dan menguatkan diri dari tarikan gravitasi kampung halaman menjadi syarat untuk membuang jauh kekecewaan urungnya mudik di tahun ini.

Larangan mudik membuat perayaan Lebaran berlangsung di rumah. Walau tanpa mudik, suasana Lebaran tetap asik dan dapat dijalankan dengan keseruan.

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat larangan mudik berlangsung. Pengalaman yang ada, kamu bisa merayakan Lebaran bersama keluarga dan kerabat dengan menggelar pertemuan virtual.

Larangan mudik setidaknya mengurangi waktu habis di perjalanan. Ini adalah waktu untuk kamu menghargai diri sendiri. Perjalanan panjang dan macet seharian tidak ada lagi.

Kamu bisa memanfaatkan momen larangan mudik untuk menggantikan dengan self reward atau penghargaan terhadap diri sendiri.

Self reward adalah kegiatan positif untuk menjaga kesehatan mental melepas stress dan penat dari pekerjaan dan tekanan akibat pandemi Covid-19.

Ya, begitulah... Meskipun tidak mudik Lebaran, bukan berarti kamu tidak bisa bersilahturahmi dengan keluarga dan kerabat sama sekali.

Manfaatkan teknologi internet dan video call untuk tetap bisa berkomunikasi dan mengucapkan 'Selamat Hari Raya Idul Fitri' kepada keluarga, kerabat, dan juga sahabat-sahabatmu yang berada di luar kota.

Terakhir, izinkan saya, selaku Direktur Utama PT Akbarie Monitor Media, Direktur PJC Cabang Dumai dan pimpinan umum media siber, Monitorriau.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri. Taqabbalallahu minna wa minkum. Shiyamanaa wa shiyamakum. Minal aidin wal faizin. Mohon maaf lahir dan batin.

Penulis: Ganda Jaya Siregar
Pimpinan Umum Monitorriau.com




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan