Riau

Camat Dumai Selatan Tanggapi Persoalan Banjir di Bumi Ayu

DUMAI (MR) - Kota Dumai tidak pernah lepas dari permasalahan banjir dari tahun ke tahun. Apalagi belakangan ini intensitas curah hujan yang deras dan sering, mengakibatkan banjir kembali melanda beberapa Kelurahan yang ada di Kota Dumai.

Disamping derasnya hujan yang turun, debit air yang sangat tinggi dan akibat pendangkalan sungai dan parit-parit yang ada, menjadi faktor penyebab terjadinya banjir di daerah ini.

Camat Dumai Selatan Yudha Pratama Putra mengatakan ke Media Monitorriau.com, kelurahan yang parah terkena banjir yaitu di kelurahan Bumi Ayu dan Bukit Datuk, karena Kelurahan ini dekat dengan aliran Sungai.

"Sudah 4 hari ini, air banjir menggenangi rumah warga," ujar Yudha. Senin (17/5/2021). 

Akibat dari banjir ini, banyak rumah warga yang terendam banjir, yang mengakibatkan banyak warga yang terganggu kehidupannya bahkan banyak juga yang mengalami kerugian.

"Alhamdulillah Pemko Dumai sudah membuat dapur umum untuk membantu menyediakan makanan dan minuman untuk warga yang terkena dampak banjir," terang Yudha.

Data informasi RT yang terkena Banjir menurut data dari Kantor Camat Dumai Selatan yakni;

1. Kelurahan Bumi Ayu: RT 01, 02, 03 dan 08.

2. Kelurahan Bukit Datuk: RT 01 dan RT 02.

Menurut Yudha untuk mengatasi banjir yang ada di daerah ini, dalam jangka pendek ini kami bersama Pemko Dumai akan normalisasi dan pembersihan Sungai Dumai dari hulu ke hilir. Juga akan di rencanakan pembuatan embung di lokasi Bukit Cahaya seluas 15 Hektar guna memecah debit air yang tinggi.

"Insya allah kedepannya kami akan berusaha bisa  menuntaskan permasalahan banjir yang ada," tutup Yudha.

Salah satu warga yang terkena banjir mengatakan, semoga permasalahan banjir ini bisa diatasi oleh Pemerintah, dan kepada masyarakat lain juga bisa  membantu kami yang terkena banjir ini.

"Pemerintah harus mencari solusi untuk mengatasi banjir ini, agar jangan terulang lagi," tutup warga. (*)

 

 

Penulis : Ahmad Dahlan




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan