Riau

Aina: Forum Anak Menjadi Pelopor dan Pelapor

Aina Aidila Arsy

DUMAI (MR) - Forum Anak merupakan organisasi anak di bawah binaan Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yang dituangkan dalam Peraturan Menteri DPPPA No.18 Tahun 2019 Tentang penyelenggaraan Forum Anak.

Forum anak juga dikembangkan pada setiap jenjang pemerintahan seperti desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga pusat. 

Jumat (4/6/2021) Walikota Dumai H.Paisal, S.K.M., MA.R.S mengukuhkan Pengurus Forum Anak Kota Dumai, masa bakti 2021-2023 di gedung Sri Bunga Tanjung.

Haggilsyah Ifan sebagai Ketua Forum Anak Kota Dumai dikukuhkan bersama sekitar 40 orang pengurus sebagai Algen perubahan untuk persoalan anak di tingkat Kecamatan maupun Kelurahan di Kota Dumai.

Usai pengukuhan Aina Aidila Arsy salah seorang pengurus Forum Anak Kota Dumai sekaligus wakil Ketua Kecamatan Dumai Timur mengatakan Forum anak ini bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh kembang dan berpatisipasi secara optimal.

"Juga mendapat perlindungan harkat dan martabat serta perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” ujar Siswi SMAN 2 Dumai Itu. 

Menurut Aina, Forum anak juga menjadi agen perubahan  sebagai 2P yaitu pelopor dan pelapor dan mewakili aspirasi anak lainnya yang tidak dapat disampaikan. 

"Banyak program yang bisa kita laksanakan seperti Webinar yang mengenai hak-hak anak dan persiapan pergaulan bebas diumur dini," jelasnya. 

Aina mengatakan, khusus di Dumai Timur ini masih banyak persoalan anak karena kurangnya kepedulian orang tua terhadap anak yang tidak memiliki KK serta akte dari anak tersebut sehingga membuat anak tersebut tidak bisa melanjutkan pendidikan. 

"Kita berharap dukungan dan sinergi dari semua pihak agar program-program Forum anak, khususnya di Kecamatan Dumai Timur bisa terlaksana dengan baik," Tutup Aina. (MR/Red). 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan