Riau

KPID Riau Gelar Workshop In House P3SPS di Dumai

Asril Darma (Kiri) Widde M Rosa (Tengah) Nopri Naldi (Kanan)
DUMAI (MR) - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau, (9/6), menggelar Workshop In House Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).
 
Workshop yang digelar di aula radio Dumai FM lantai II ini juga turut dihadiri langsung oleh tiga Komisioner KPID yaitu Asril Darma selaku koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran dan Nopri Naldi serta Widde M Rosa selaku anggota bidang.
 
Kegiatan ini turut diikuti peserta dari para pemilik Lembaga Penyiaran, penggiat media serta organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Dumai.
 
Pada kesempatan ini, Nopri Naldi sempat memaparkan awal terbentuknya KPI yang mana mempunyai dasar pembentukan sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2002.
 
Ia juga menyampaikan bahwa, Workshop ini sendiri bertujuan untuk Menyamakan persepsi dan diskusi singkat mengenai P3SPS.
 
"KPI sendiri terbentuk dengan didasari oleh UU Nomor 32 Tahun 2002, ada pun workshop ini kami inginkan untuk bisa menyamakan persepsi serta bisa menjadi wadah diskusi mengenai P3SPS, agar Menjadikan Lembaga penyiaran dan penggiat jurnalis lebih mengetahui pedoman mengenai perilaku penyiaran dan bisa lebih profesional," Ujarnya.
 
Asril Darma juga menjelaskan apa itu KPI dan bagaimana perannya dalam mengawasi Lembaga Penyiaran (LP) yang ada di Indonesia, terutama terkait dengan masalah Konten (Isi) dari siaran Tersebut.
 
Ia mengatakan, maksimalnya kinerja pengawasan yang dilakukan oleh KPI tidak luput dari peran masyarakat yang juga turut mengontrol isi dari tayang yang ada.
 
"Maksimalnya kinerja KPID Riau juga tidak luput dari peran masyarakat, dengan bukti-bukti yang cukup dan dapat dipertanggungjawabkan, masyarakat bisa melaporkan jika ada LP yang mungkin saja terindikasi menyalahi P3SPS terkait kontennya, seperti dugaan informasi hoax, dugaan tayangan yang berbau pornografi dan konten yang bisa menimbulkan efek Sara atau meresahkan untuk masyarakat serta konten-konten yang mungkin dinilai tidak pantas lainnya, bukti-bukti yang ada akan kami koordinasikan dengan pihak-pihak yang terkait agar bisa dicarikan solusi yang tepat, untuk informasi pengaduan masyarakat bisa membuka halaman website kami di http://kpid.riau.go.id dan dapat mengontak email kami, nomor WhatsApp atau bisa langsung datang ke kantor KPID Riau sesuai dengan alamat yang tercantum di sana," Jelasnya.
 
Workshop yang digelar dengan santai ini juga turut diisi dengan sesi tanya jawab, terlihat para peserta sangat serius mendengarkan pemaparan yang diberikan dan tak kalah seru, pada saat sesi tanya jawab pun peserta tetap semangat dalam mengikutinya.
 
Diakhir kegiatan, Asril Darma mengucapkan terimakasih atas sambutan dan antusias dari peserta workshop yang sudah bersemangat untuk mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir.
 

"Antusias dan semangat yang tidak surut, dari awal kegiatan hingga akhir, saya ucapkan terimakasih kepada seluruh peserta," Katanya. 

 
 
 
Penulis: Didin Marican




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan