Akibat Pandemi Covid-19

Plt Kadis Perpustakaan Sebut Minat Baca Warga Dumai Berkurang

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kota Dumai Maini Asna, S.K.M., M.Si

DUMAI (MR) - Akibat Pandemi Covid-19 memberikan dampak berkurangnya minat baca masyarakat Kota Dumai yang datang untuk membaca di Perpustakaan milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai.

Terkait hal ini Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kota Dumai Maini Asna, S.K.M., M.Si mengatakan, sekarang sangat jauh berkurangnya minat baca masyarakat Kota Dumai dibanding sebelum Pandemi Covid-19.

Biasanya Perpustakaan ini di kunjungi peminat paling banyak dari kalangan Mahasiswa, SMA dan SMP dan untuk kalangan umum sangat sedikit.

"Karena keterbatasan di masa Pandemi Covid-19 ini sangat besar mempengaruhi minat baca masayarakat untuk datang ke Perpustakaan ini," ujar Maini, Senin (12/7/2021).

Untuk di daerah-daerah yang jauh jangkauannya ke Perpustakaan ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai telah melaksanakan Perpustakaan keliling, berupa 2 unit mobil Perpustakaan keliling untuk masyarakat disana juga bisa membaca.

"Sebenarnya ada 4 mobil Perpustakaan keliling milik Dinas, tapi hanya 2 mobil yang bisa beroperasi keliling, karena 2 mobil lagi sedang rusak," terang Plt Kadis ini.

Maini Asna mengatakan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat Kota Dumai, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai sering melaksanakan kegiatan-kegiatan lomba seperti, lomba Perpustakaan Kelurahan tingkat Dumai, lomba Pustakawan, lomba Bertutur tingkat SD dan banyak lagi.

Perpustakaan yang ada di Lapangan Bukit Gelanggan yang milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai akan di fungsikan setiap hari Sabtu dan Minggu agar menumbuhkan minat baca masyarakat.

"Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai selalu bekerjasama dengan Dinas dan Kebudayaan Kota Dumai agar bagaimana anak-anak yang ada di Kota Dumai bisa menjadi anak yang berkualitas," tutupnya.

Harapan dari Maini Asna, untuk masyarakat Kota Dumai yang ingin membaca bisa mengunjugi Perpustakaan milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai yang di buka setiap Hari Senin sampai Hari Jumat dari pukul 08.00-16.00 WIB yang berlokasi di Jalan Tanjung Jati Kelurahan Buluh Kasap Kecamatan Dumai Timur. (Vanche)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan