Riau

Timbangan Umum untuk Konsumen di Pasar Tembilahan Bakal Disiapkan

TEMBILAHAN (MR) - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyarankan agar menyediakan tempat timbangan secara umum untuk para konsumen pasar.

Hal itu disampaikannya saat meninjau sidang tera ulang alat Ukur, Takar, Timbang, dan Perlengkapannya (UTTP) di Pasar Umbut Kelapa, Jalan Kayu Jati, Parit 10, Tembilahan Hulu, Jumat (16/07/2021).

"Timbangan umum seperti ini dapat digunakan bagi pembeli untuk mengecek barang belanjaannya. Maka saya nilai, ini perlu juga untuk disiapkan agar dapat memberikan keyakinan lebih bagi pembelanja," sarannya.

Meski begitu, orang nomor satu di negeri hamparan kelapa dunia ini tetap mengapresiasi atas terlaksananya sidang tersebut. Sebab dia menilai, sidang ulang itu dapat memicu kesadaran bagi masyarakat betapa pentingnya tera ulang alat UTTP.

"Terutama pedagang yang menggunakan alat timbang, karena ini penting agar tidak menimbulkan kerugian baik si penjual maupun si pembeli," kata Wardan.

Terkait hal ini, Kepala Disdagtri Inhil merespon dan segera menyiapkan timbangan umum. Pada intinya, usul dari Bupati dinilainya sebagai langkah positif dalam meningkatkan rasa kepercayaan antara pembeli dan pedagang.

"Berdasarkan saran Pak Bupati tadi, maka kedepan kita akan sediakan alat timbangan umum, misalnya konsumen habis belanja cabai di sini bisa diuji langsung di posko keamanan kita. Sehingga nantinya akan semakin timbul rasa kepercayaan antara pembeli dan pedagang," tuturnya.

Disisi lain, Kepala Disdatri Inhil juga berharap kepada para pedagang untuk tidak selalu menunggu sidang tera ulang dilaksanakan. Ketika masa tera alat sudah sampai waktunya, segera membawa ke Kantor Disdagtri Inhil, Jalan Veteran, Tembilahan untuk dilakukan tera ulang melalui Bidang Kemetrologian.

Karena menurutnya, sidang tera ulang ini hanya untuk memicu kesadaran masyarakat, utamanya untuk para pedagang. Disamping pedagang, juga kesadaran dari konsumen sendiri yang nantinya berfungsi menguji kembali hasil belanja di rumah.

"Seyogianya, alat UTTP para pedagang ini akan ditera ulang lagi selambat-lambatnya setahun sekali," pungkasnya. (mir)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan