Riau

Demplot Budidaya dan Pertanian Guna Meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional

MONITORRIAU.COM - Demplot atau demonstration plot pertanian dipercaya meningkatkan ketahanan pangan nasional. Salah satunya adalah demplot kolam ikan patin yang merupakan salah satu kegiatan dari program sasaran non fisik Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 111 Kodim 0321 Rokan Hilir.

Dalam pelaksanaannya di lapangan  Satuan tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) melibatkan warga masyarakat dan serta Dinas Perikanan Kabupaten Rokan Hilir. 

Demonstration plot (demplot) adalah suatu metode penyuluhan yang ditujukan untuk petani dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani dapat melihat dan membuktikan objek yang didemontrasikan.

Dinas Perikanan Kabupaten Rokan Hilir sendiri telah memberikan penyuluhan terhadap tiga program demplot diantaranya adalah demplot budidaya ikan patin, demplot budidaya ayam Arab dan demlot penanaman cabai di Desa Suak Temenggung Kecamatan Pekaitan.

Untuk mengetahui sudah sejauh mana  pencapaian demplot kolam ikan tersebut, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0321 Rokan Hilir Mayor Arh E. Perangin-angin mewakili Dandim 0321/Rohil mengunjungi lokasi demplot kolam ikan merupakan salah satu program TNI Manunggal Membangun (TMMD) di RT 01 RW 01 Dusun Suka Jadi, Kepenghuluan Suak Temenggung, Kacamatan Pekaitan pada Sabtu (10/07/2021) yang lalu.

Dalam kesempatan itu Kasdim Mayor E Perangin-angin melihat secara langsung perkembangan ikan patin yang kini sudah mulai besar. 

Dia menilai prospek budidaya ikan patin sangat menjanjikan buat untuk menunjang perekonomian masyarakat di Desa Suak Temenggung, Kecamatan Pekaitan.

Dalam kunjungan itu Kepala Staf Kodim 0321 Rokan Hilir tidak sendirian melainkan ditemani Perwira Seksi Intelijen (Pasintel) Kodim 0321 Rokan Hilir Kapten Arh Efri Hardin Nasution beserta Penghulu Suak Temenggung, Kartono.

Saat berbincang dengan dengan Penghulu Suak Temenggung, Kasidm E Perangin-angin meminta kepada Datuk Penghulu agar budidaya ikan ini terus dikembangkan sekaligus memberikan pembinaan budidaya ikan patin untuk menambah penghasilan warga masyarakat Desa Suak Temenggung.

 

Demplot Ayam Arab Progam TMMD Kodim Rokan Hilir Milik Pak Kusno

Komandan Resort Militer (Danrem) 031 Wira Bima (WB) Kolonel Kav Jonny Harianto Gulo, S.I.P saat itu menyempatkan diri untuk mengunjungi lokasi demplot ternak ayam Arab  program sasaran fisik TMMD ke-111 yang dikelola oleh salah satu warga kepenghuluan Suak Temenggung, Kecamatan Pekaitan, bernama Pak Kusno.

Saat itu Kolonel Jonny Harianto Gulo mewakili Danrem 031 Wira Bima didampingi Kasdim Mayor Arh E. Perangin-angin mewakili Dandim 0321/Rohil menjelaskan bahwa demplot ayam Arab tersebut merupakan program sasaran non fisik TMMD bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui dinas peternakan setempat.

Demplot ternak ayam Arab Satgas TMMD Kodim Rokan Hilir telah diberikan bantuan bibit ayam Arab kepada 5 orang warga Kepenghuluan Suak Temenggung.  Yang mana masing-masing warga mendapatkan 100 ekor bibit ayam Arab ukuran anakan.

Pada kesempatan itu Kasi Ter Kolonel Jonny Gulo berpesan kepada Bapak Kusno agar tetap merawat dan mengembangkan usaha ternak ayam Arab ini dengan sebaik-baiknya.

Selain itu Demplot Pertanian dipercaya mampu tingkatkan ketahanan pangan nasional. Masyarakat Desa Suak Temenggung bersama (TMMD) ke- 111 Kodim 0321 Rokan Hilir mulai melakukan terobosan baru dengan cara pola demplot tanaman cabai.

Adapun Demplot cabai yang dilakukan TMMD adalah dengan pola tumpang sari di perkebunan kelapa sawit yang masih berusia muda, kini cabai yang dirawat dengan sepenuh hati tersebut sudah mulai tumbuh subur dan berbunga bertanda akan menghasilkan buah.

Tanaman hortikultura akan mampu berkembang dengan pesat apabila dikelola dengan baik dengan penerapan dan cara kewirausahaan yang baik pula. Tanaman hortikultura sendiri memiliki dua jenis yaitu hortikultura sayur dan juga hortikultura buah-buahan. 

Sayur merupakan salah satu produk hortikultura yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia  karena sayur memiliki kandungan gizi yang sangat diperlukan dan bermanfaat bagi tubuh.

Salah satu komoditas sayuran yang paling sering dimanfaatkan oleh masyarakat diantaranya adalah tanaman cabai. Demonstrasi plot (demplot) adalah salah satu metode penyuluhan yang sifatnya langsung bisa dilihat petani.

Usaha tani salah satunya adalah cabai merah kerap dilakukan oleh para petani semata-mata hanya untuk tujuan produksi dan perbaikan ekonomi, tanpa memperhatikan prinsip atau teknik budidaya yang benar.

Dalam program TNI Manunggal Membangun  Desa (TMMD) yang dilaksanakan di dua Kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir dipusatkan di dua kecamatan seperti Kecamatan Bagan Sinembah Raya dan Kecamatan Pekaitan.

Kepala Desa Suak Temenggung, Kartono kemarin mengatakan pihaknya mengucapkan banyak berterimakasih kepada TNI kususnya Kodim 0321 atas program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 dan ucapkan terima kasih juga disampaikan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Rokan Hilir somoga apa yang dilakukan bermafaat untuk masyarakat.

Selain itu, Kartono juga mengharapkan  kedepan Pemda Rokan Hilir dapat meningkatkan pembangunan jalan di Kepenghuluan Suak Temenggung dari aukas menjadi aspal. "Untuk program demlpot semoga Pemda  juga memprogramkan di APBD Rohil untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," pungkasnya.

Ditulis oleh: Wisman Sinaga




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan