Riau

Satgas TMMD Kodim 0321/Rohil Wujudkan Rumah Impian Nek Siti dan Dede Anggraini

MONITORRIAU.COM - Rasa haru dan bahagia langsung saja melanda Siti Halimah Hasibuan. Warga RT/RW 12/06 Dusun Meranti Jaya Kepenghuluan (desa) Bagan Sinembah Jaya, Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira), Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau itu menjadisalah satu warga yang rumahnya masuk Program Bedah Rumah Satuan Tugas (Satgas) ke- 111 Kodim 0321 Rokan Hilir.

Siti Halimah adalah seorang nenek janda 61 ahun yang tinggal seorang diri menempati rumah gubuk yang sudah usang termakan usia. Di usianya yang sudah tidak muda lagi sebelumnya tidak pernah sama sekali membayangkan bahwa rumah miliknya akan di bedah oleh Satuan Tugas TMMD Kodim Rokan Hilir.

Ya, kabar suka itu tentunya jadi berkah buatnya. Rezeki yang datang bisa dari mana saja. Bahkan dari arah yang tidak disangka.

Pada hari Selasa (15/6/2021) yang lalu Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong bersama Wakil Bupati H Sulaiman, SS.MH membuka secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke- 111 Kodim Rokan Hilir.

Pembukaan TMMD Ke-111 Kodim Rokan Hilir tersebut dipusatkan di Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira), Kabupaten Rokan Hilir tepatnya di halaman Kantor Camat Bagan Sinembah Raya, di Jalan Lintas Bagan Batu - Makmur Jaya.

Pada Program TMMD ke-111 Kodim 0321/Rokan Hilir tahun 2021 tersebut rumah milik Siti Halimah Hasibuan termasuk salah satu dalam program bedah rumah TMMD ke-111.

Rumah Siti Halimah yang sebelumnya terbuat dari gubuk reot jauh dari kata layak huni itu akhirnya di bedah dan terus digesa pembangunannya oleh tim personil satuan tugas (TMMD) Kodim Rokan Hilir bergotong-royong bersama dengan warga sekitar.

TNI bersama warga terus bekerja bahu membahu dengan bergotong royong agar pembangunan rumah Ibu Siti Halimah tersebut dapat diselesaikan tepat waktu.

Tahap Finishing
Hari berikutnya TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bersama masyarakat tepatnya di sasaran 9 (sembilan) di Kepenghuluan Bagan Sinembah Jaya, Kecamatan Bagan Sinembah Raya, kembali lanjutkan pengecatan bagian luar.

Setelah beberapa waktu dikerjakan akhirnya pembangunan rumah tidak layak huni milik Siti Halimah tersebut hampir rampung dilaksanakan oleh Satuan Tugas TMMD bersama warga. Kini proses pengerjaan hanya tinggal tahap finishing.

Kepada awak media, Komandan Koramil (Danramil) 03 Bagan Sinembah Kapten Inf Y Mendropa mengatakan, pada hari ke- 27 sasaran  fisik  pembuatan rumah layak huni (RLH) Siti Halimah dengan ukuran 7 x 6 meter  berada di RT/RW 12/06 Dusun Meranti Jaya tersebut telah masuk tahap pengecetan tembok luar dan pemasangan antai keramik.

"Memasuki hari ke- 27 ini TNI bersama masyarakat tetap antusias dalam pelaksanaan pembangunan RTLH tersebut," kata Danramil 03 Bagan Sinembah Kapten Inf Y Mendropa membeberkan.

Dikatakan, pelaksanaan program TMMD hanya menyisakan waktu beberapa hari saja sehingga pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH milik Ibu Siti Halimah tersebut terus digesa personil TNI dibantu warga.

"Kita targetkan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik Ibu Siti Halimah akan selesai sesuai waktu yang telah ditentukan," terangnya.
     
Sebelum pelaksanaan upacara penutupan TMMD ke-111 berlangsung, diharapkan pembangunan rumah layak huni Siti Halimah telah rampung seratus persen.

Tim Satgas bedah rumah dari personil TMMD bersama warga yang turut membantu pembangunan rumah tersebut merasa sangat bangga sebab pembangunan rumahnya nek Halimah selesai tepat waktu.

"Puas dan bangga rasanya dapat menyelesaikan pekerjaan ini dengan baik dan tepat waktu, kata salah seorang anggota satuan tugas TMMD, kepada awak media.

Nek Siti Ucapkan Terimakasih Kepada Satgas TMMD
Setelah rumah milik Siti Nurhalimah  selesai dibangun melalui program TMMD. Kini Nenek Siti Halimah mulai menata rumah, sebab rumah idamannya tersebut sudah bisa di huni.

Diapun tidak pernah menduga bahwa diusianya yang sudah tua ini akan memiliki rumah sebagus ini. Rasa senang yang tak terhingga terpancar dari raut wajahnya, setiap hari  Nek Halimah merawat membersihkan serta menata rumah itu agar terlihat lebih indah.

Saat ditemui di kediamannya yang baru itu, Sabtu (17/7/2021) kemarin Nenek Siti Halimah spontan mengatakan akan terus  menjaga dan merawat rumah yang dibangun TNI melalui program TMMD sebagai kenangan manis hadiah dari sang Ilahi.

Siti Halimah Hasibuan yang tinggal seorang diri mengaku tidak akan pernah terpikir dan berniat untuk menjual rumahnya itu. "Ini merupakan anugerah yang besar sekali bagi saya, sampai kapan pun akan saya kenang jeri payah dari anggota Satgas TMMD ini," pungkasnya.

Selain rumah Siti Halimah Hasibuan, masih ada rumah warga Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) lainnya yang tidak luput dari sasaran satuan tugas (Satgas) TMMD ke- 111 adalah rumah milik Dede Anggraini.

Warga RT/RW 06/04 Dusun Mulya Jaya Kepenghuluan Bagan Sinembah Jaya, Kecamatan Bagan Sinembah Raya ini telah mendapat bantuan bedah rumah dari program TMMD ke-111 Kodim 0321/Rokan Hilir tahun 2021.

Rezeki untuk Dede Anggraini
Siapa yang tidak gembira ketika  mendapatkan rezeki yang tak disangka-sangka. Itulah jugalah yang dialami  seorang ibu bernama Dede Anggraini (30) tahun. Kini pembangunan rumah miliknya itu sudah rampung seratus persen hanya tinggal peresmiannya saja.

Menjelang tahap peresmian rumah barunya tersebut, dengan hati berbunga-bunga Ibu Dede Anggraini turut membantu anggota satuan tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0321 Rokan Hilir merapikan serta membersihkan rumahnya agar tampak indah.

Dede Anggraini pagi itu terlihat sibuk membersihkan lantai teras rumah membantu anggota Satgas TMMD. Terlihat menata bagian depan rumah dengan berbagai jenis  bunga kelihatan lebih indah. "Alhamdulilah, akhirnya saya dapat memiliki rumah yang layak," sebut Dede Anggraini

Dalam kesempatan itu Ibu Dede Anggraini tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke- 111 Kodim 0321 Rokan Hilir atas rumah barunya itu. Hal itu dikatakannya saat berserta keluarganya ketika masuk dan tinggal dirumah barunya itu.

Melalui program TMMD itu akhirnya rumah yang diimpikan Dede Anggraini kini dapat terwujud. Kekuarga itu terlihat tengah sibuk sedang berbenah dan menata rumah baru tersebut.

Kepada awak media, Dede Anggraini mengatakan bahwa berkat adanya program TMMD ini rumah yang diimpikannya dapat terwujud. "Belum tentu kami dapat membangun rumah sebagus ini," katanya berujar.

Dalam kesempatan itu Dede Anggraini tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Komandan Kodim (Dandim) 0321 Rokan Hilir Letnan Kolonel Agung Rakhman Wahyudi, S.I.P,M.I.Pol yang telah memberikan kesempatan rehab rumah dalam program TMMD ke- 111.

"Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak termasuk Pemkab Rokan Hilir yang terlibat dalam pembangunan rumah kami ini," kata Dede Anggraini.

Dalam kesempatan itu Datuk Penghulu (Kepala Desa) Bagan Sinembah Raya (Basira), Saipul Bahari, Amk mengucapkan terimakasih kepada Dandim 0321 Rokan Hilir, kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir dan kepada semua pihak terkait sehingga TMMD di Desa Bagan Sinembah Jaya dapat terlaksana dengan baik.

"Kami sangat berterimakasih kepada pak Dandim/Pemerintah dan semua yang terkait didalamnya sehingga dapat terlaksananya TMMD di Desa Bagan Sinembah Jaya ini. Sehingga masyarakat merasa senang, terutama Bu Siti dan Bu Dede," kata Saipul Bahari, Senin (19/7/2021).

Ditulis oleh: Wisman Sinaga




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan