Riau

Pemkab Rohil Mengaku Terbantu dengan Adanya Program TMMD ke-111

MONITORRIAU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir, Provinsi Riau mengucapkan terimakasih kasih kepada TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 0321 Rokan Hilir Tahun 2021.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong saat melakukan penutupan progam TMMD ke-111 Kodim Rokan Hilir berlangsung di Mes Pemkab Rokan Hilir berlokasi di Jalan Perwira, Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko,  kemarin.

Penutupan kegiatan yang diprakarsai TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim Rokan Hilir tersebut juga dihadiri Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Komando Resor Militer (Korem) 031 Wira Bima (WB) Kolonel Kavaleri Jonny Harianto Gulo SIP, sekaligus menutup secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 111 Kodim 0321 Rokan Hilir (Rohil), Rabu (14/7/2021) kemarin.

Dalam kesempatan itu Kasiter Korem Jonny Harianto Gulo mengaku kagum atas pencapaian program pembangunan Aukas jalan di Kepenghuluan Suak Temenggung ini. Jonny meminta kepada warga untuk sama-sama menjaga dan memelihara Aukas Jalan tersebut agar tidak cepat rusak.

Selaian Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong dan Wakil Bupati H Sulaiman, Dandim 0321 Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP, Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto, SH SIK, Ketua DPRD Rokan Hilir Maston, Wakil Ketua DPRD Basiran Nur Efendi, SE, Kepala BPN Rocky Soenoko serta jajaran Kepala OPD di dingkungan Pemkab Rohil dengan mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan.

Dalam kesempatan itu dilaksanakan pemutaran video seluruh proses pelaksanaan TMMD ke- 111 diantaranya melaksanakan pembangunan, seperti jalan, box culvert, bedah rumah warga dan bedah rumah ibadah.

Selain menampilkan video pembangunan fisik, juga ditayangkan pembangunan bidang non fisik kesehatan di masa pandemi Covid-19 saat ini diantaranya memberikan penyuluhan kesehatan, kegiatan bakti sosial (baksos) dan vaksinasi.

Dalam kesempatan itu Dandim 0321 Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi, SIP mengatakan, tujuan utama TMMD bukan lah mencari proyek keuntungan bagi TNI.  Namun pembangunan yang dilakukan lebih mengutamakan kualitas dan mutu yang dapat di pertanggung jawabkan.

"Kami mencari kemanunggalan, karena bagi kami senyum masyarakat itu adalah senyum kebahagiaan bagi kami," kata Agung Rakhman Wahyudi, menegaskan.

Kegiatan TMMD dengan tema sinergitas membangun negeri ini dapat tercapai,  kata Agung Wahyudi berkat adanya kerjasama antara masyarakat dan Pemerintah Daerah (Pemda) Rokan Hilir serta instansi vertikal lainnya, sehingga bukan hanya pembangunan fisiknya saja yang tercapai, akan tetapi tetapi terciptanya keharmonisan serta menumbuhkan gairah gotong royong pada masyarakat.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan manfaat dari sisi sosial dan masyarakat. Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dan segenap masyarakat yang turut serta bahu membahu bergotong royong sehingga kami dapat mewujudkan kemanunggalan TNI," ujar Agung membeberkan.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong memberikan apresiasi kepada jajaran Kodim 0321 Rokan Hilir yang telah turut serta membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Rokan Hilir yang telah melakukan pembangunan, baik fisik maupun non fisik yang dinilai sangat menyentuh kepada masyarakat.

"Kami melihat secara langsung kelapangan proses pengerjaan TMMD ini. Khususnya Pemkab Rohil dan masyarakat sangat terbantu dengan adanya program TMMD ke-111 Kodim Rokan Hilir," kata Bupati Afrizal Sintong menegaskan.

Penutupan Progam TMMD ke-111 Kodim 0321 Rokan Hilir ditandai dengan serah terima laporan oleh  Dandim 0321 Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP kepada Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong.

Masyarakat Mengucapkan Terimakasih
Sasaran fisik maupun non fisik program TMMD sudah seluruhnya rampung hingga seratus persen. Salah satu sasaran fisik yang sangat penting bagi masyarakat adalah pembangunan Box Culvert dan Aukas jalan yang manfaatnya langsung dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

Salah satu warga Dusun 5 (Lima) Kepenghuluan Bagan Sinembah Jaya, Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Silalahi menyampaikan rasa gembiranya.

Silalahi mengaku sangat senang dengan dibangunnya Aukas jalan sepanjang 600 meter di desanya. Dia mengaku sebelum jalan itu diaukas, kondisi jalan disana dipenuhi dengan lubang sehingga masyarakat merasa kesulitan dalam mengangkut hasil pertanian.

"Sekarang jalan sudah bagus dan memudahkan kami dalam beraktifitas. Kami mengucapkan terimakasih kepada TNI. Terimakasih juga kami ucapkan kepada Pemkab Rokan Hilir atas adanya kegiatan TMMD di de kami," kata Silalahi.

Sementara, masyarakat Kepenghuan Suak Temenggung, Kecamatan Pekaitan dan warga Kepenghuluan Bagan Sinembah Jaya, Kecamatan Bagan Sinembah Raya yang dijadikan sasaran kegiatan pembangunan menyambut gembira dari hasil pencapaian TMMD ke-111.

Pembangunan jalan dan Box Culvert yang merupakan akses penghubung antar wilayah yang sangat menunjang dalam aktifitas warga masyarakat tersebut rupanya sudah lama dinantikan masyarakat di Kepenghuluan Bagan Sinembah Jaya, Kacamata Basira sebanyak 4 unit.

Imran (40) warga Bagan Sinembah Raya mengaku senang atas dibangunnya infrastruktur jalan seperti pembangunan Box Culvert di des mereka. Sebelum dibangun Box Culvert oleh TNI tadinya hanya gorong-gorong yang dibuat oleh warga secara swadaya sehingga sering amblas sehingga mobil pengangkut hasil pertanian pun tidak berani lewat.

Dengan dibangunnya Box Culvert yang kokoh ini oleh TNI, Imran mengaku dapat mengangkut hasil pertanian sawit dengan menggunakan mobil truck. "Saya secara pribadi sangat berterima kasih sekali kepada Bapak TNI yang telah membangun desa kami," pungkas Imran.

Emak-emak Berselfi Ria di Badan Jalan Usai Dibangun
Sebagai ungkapan terimakasih dan kegembiraan atas selesainya pembangunan Aukas Jalan sepanjang 2,300 meter di Kepenghuluan Suak Temenggung, Kecamatan Pekaitan. Kaum emak tidak mau ketinggalan mengekspresikan kegembiraannya.

Suharti, salaah seorang warga Desa Suak Temenggung mengaku sangat senang sekali atas pencapaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 0321 Rokan Hilir.

"Kami sangat senang karena anggota Satuan Tugas TMMD bersama warga lainnya telah sama-sama bekerja keras dalam menyelesaikan pembangunan Aukas Jalan ini," kata Suharti.

Suharti, menambahkan bahwa selama kegiatan pembangunan Aukas Jalan ini para ibu-ibu di desanya turut berpartisipasi dalam membantu membuat dan mengantarkan minuman dan makanan ringan yang mereka buat sendiri untuk anggota Satuan Tugas TMMD Kodim Rokan Hilir bekerjasama bergotong royong dengan masyarakat.

Ditulis oleh: Wisman Sinaga




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan