Riau

Cangkang Sawit Berserakan di Jalan, DLH Dumai Angkat Bicara

DUMAI (MR) - Seringnya terjadi tumpahan limbah cangkang sawit berserak di sepanjang Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Putri Tujuh dan Simpang 4 bundaran, membuat keindahan dan kebersihan Kota Dumai tidak sedap dipandang mata.

Bukan hanya keindahan dan Kebersihan Kota Dumai saja yang terkena dampak atas berseraknya limbah cangkang tersebut, tetapi bisa mengakibatkan pengendara Sepeda motor mengalami kecelakaan.

Terkait hal ini, Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan B3 di Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai Fachruddimas mengatakan, limbah cangkang yang berserakan di sepanjang jalan tersebut sudah sering terjadi, sehingga membuat keindahan dan kebersihan jalan di Kota Dumai menjadi Kotor.

"Kami sudah selalu mengingatkan, bahkan sudah selalu menyurati ke Perusahaan Pelido 1 Cabang Dumai, untuk memberitahu ke perusahaan-perusahaan yang bersangkutan," Kata Dimas, Jumat (23/7/2021).

Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam pemasok cangkang sawit yang memiliki gudang penampungan ini diduga bertempat di sekitaran Kecamatan Bukit Kapur dan perusahaan-perusahaan ini adalah pemasok cangkang sawit tersebut ke dalam areal Pelindo 1 Cabang Dumai.

Salah satu Humas perusahaan pemasok cangkang sawit PT. Jatim Propertindo Jaya Dumai yang bisa kami wawancara Via telepon Rikky mengatakan, bahwa berseraknya limbah cangkang sawit ini bukan dari perusahaan PT. Jatim saja, karena ada perusahaan-perusahaan yang lain yang juga pemasok cangkang sawit di Kota Dumai ini.

"Bukan Perusahaan kami saja yang beroperasi, ada perusahaan lain, sekarang yang tumpah di simpang 4 Bundaran akan kami usahakan membersihkannya," kata Rikki dengan buru-buru langsung mematikan handphone.

Sudah bukan menjadi pemandangan yang aneh lagi, kalau disepanjang Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Putri Tujuh, masyarakat Kota Dumai selalu melihat berseraknya limbah cangkang sawit di sepanjang jalan tersebut.

Suatu hal yang bertolak belakang, mengingat Pemerintah Kota Dumai yang sedang berbenah diri untuk menjadi "Dumai Kota Idaman", sementara pemandangan keindahan dan kebersihan di sepanjang jalan pintu masuk ke Kota Dumai banyak berserak limbah cangkang sawit.

Seorang Perempuan salah Satu Petugas Kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai yang tidak mau disebut namanya mengatakan, limbah cangkang sawit ini selalu ada di sepanjang jalan ini dan pernah seorang pengendara Sepeda motor terjatuh akibat dari limbah cangkang tersebut.

"Kami mau bilang apalagi Pak dan kami mau ngadu sama siapa? kami terpaksa membersihkannya, karena tugas kami membersihkan sepanjang jalan ini," keluh ibu ini. (Vanche)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan