Riau

Kota Dumai Kekurangan Mobil dan Bak Penampungan Sampah

DUMAI (MR) - Program Pemerintah Kota (Pemko) Dumai dengan penambahan bak sampah di beberapa kelurahan yang ada di Kota Dumai, akan lebih efektif untuk menampung hasil sampah masyarakat, sehingga sampah tersebut tidak menumpuk di Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang ada.

Penyebab sampah menumpuk dan berserak di TPS-TPS yang ada, diakibatkan karena bak sampah penampung hanya Satu bak dan keterbatasan petugas kebersihan untuk mengangkut sampah tersebut. Oleh karena itu, program Pemko Dumai untuk penambahan bak sampah tambahan membuat sistem pengangkutan sampah di TPS lebih membantu.

Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan sampah dan B3 di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Dumai Fachruddimas mengatakan, dengan penambahan bak sampah tambahan di setiap TPS akan bisa menampung sampah lebih banyak lagi.

"Dengan adanya bak sampah serap, akan lebih mengefektifkan pengangkutan sampah di setiap TPS untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir," kata Kabid DLH  Kota Dumai yang biasa dipanggil Dimas. Rabu (4/8/2021). 

Sistem pengangkutan sampah yang efektif menurut Dimas, ketika bak sampah yang satu penuh dan diangkat untuk dibuang, bak sampah serap bisa stanby di TPS untuk menampung sampah masyarakat yang belum dibuang.

Menurut rumus perhitungan jumlah sampah yang dihasilkan seluruh masyarakat Kota Dumai yang akan dibuang tiap harinya sekitar 150 ton sampah.

Dimas mengatakan, "Semakin banyak jumlah masyarakatnya dan jumlah TPS didaerah tersebut sedikit, hal ini yang menyebabkan jumlah sampah akan menumpuk dan berserak".

"Untuk saat ini, petugas kami hanya bisa mengangkut sampah sebanyak 50-60 ton/hari, sangat jauh dari yang diharapkan," kata Dimas.

Banyaknya sampah yang masih belum diangkut disebabkan kurangnya mobil pengangkut sampah yang dimiliki oleh DLH Kota Dumai juga keterbasan petugas pekerja.

"Bisa kita bayangkan, dengan memiliki 20 unit mobil, yakni 14 unit mobil Dump truck dan 6 mobil Amrol, petugas kami harus mengangkut sampah di 7 kecamatan yang ada di Dumai," terang Dimas.

Dimas berharap, untuk membantu program pemerintah dalam menyelesaikan masalah sampah di Kota Dumai ini, DLH Kota Dumai masih sangat membutuhkan tambahan mobil untuk pengangkut sampah.

"Memang sudah kami masukan dalam usulan untuk penambahan mobil pengangkut sampah tersebut ke pemerintah," tutup Dimas.

Mengingat keterbatasan anggaran APBD Kota Dumai, DLH Kota Dumai akan berusaha sebisa mungkin untuk mengangkut sampah dengan memanfaatkan mobil pengangkut yang ada, sehingga sampah-sampah yang ada di TPS tidak menumpuk sehingga tidak mengganggu masyarakat. (Vanche)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan