Riau

Kepala BPS Rohil Sambangi Diskominfotiks Diskusi Penyelenggaraan Statistik Sektoral

ROHIL (MR) - Kepala BPS Rokan Hilir Ir. Rozalinda, ME didampingi Agus Wardiman, SE bersilaturahmi ke Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) di Kantor Bupati Rokan Hilir Lt. 7 pada  Rabu (18/08/2021) kemarin.

Silaturrahmi tersebut dilakukan dalam rangka diskusi penyelenggaraan statistik sektoral. Turut hadir Plt Kadiskominfotik Pemkab Rohil Hermanto, S.Sos didampingi Kepala Bidang (Kabid) Statistik Iriyan Cahyadi, SE.MBA serta para Kasi dan Staf Bidang Statistik.

Kegiatan tersebut berlangsung selama kurang lebih dua jam dengan bahasan terkait data sektoral terutama langkah-langkah BPS terkait pembina ststistik.

Ir. Rozalinda, ME selaku Kepala BPS Rokan Hilir Menyampaikan informasi terkait pelaksanaan Sensus Penduduk Lanjutan 2020 ditiadakan disebabkan kondisi pandemi COVID19 semakin mewabah, terutama di daerah Kabupaten Rokan Hilir.

Rozalinda juga menginformasikan  salah satu quick win BPS tahun 2021 yaitu Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik). Seperti diketahui bahwa desa Kepenghuluan Mukti Jaya telah terpilih dari 100 Desa Cantik se-Indonesia atau salah satu dari tiga desa terpilih se- Provinsi Riau.

Diusulkannya desa Kepenghuluan Mukti Jaya tersebut antara lain karena adanya rekomendasi dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hilir.

Dikatakan, pembinaan "Desa Cantik" tersebut bertujuan untuk memperbaiki tata kelola statistik yang dimulai dari wilayah pemerintahan terkecil, sehingga desa tersebut tidak lagi ditempatkan sebagai objek, melainkan harus sebagai subjek pembangunan.

Pembinaan desa cantik ini dilakukan bertahap dan berkelanjutan, namun diharapkan agar tahun yang akan datang keberadaan Desa Cantik tersebut ada disetiap Kecamatan dan sudah dapat diterapkan.

Sementara, dalam kesempatan itu, Kepala BPS Rokan Hilir juga menyampaikan agar di mohon kiranya ada masukan terkait Implementasi Aksi Perubahan Kepala BPS Rokan Hilir untuk melaksanakan pembinaan statistik sektoral dan penguatan tata kelola data sektoral.

Disini Ia mengharapkan adanya dukungan dari pihak Diskominfotiks Kabupaten Rokan Hilir untuk kegiatan sosialisasi, Focus Group Discussion dan Coaching Statistik bagi Produsen data (OPD).

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Kominfotik Rokan Hilir Hermanto, S.Sos mengatakan bahwa diketahui bahwa BPS dan Diskominfotiks saat ini sangat bersinergi dalam kegiatan-kegiatan statistik di Kabupaten Rokan Hilir dan akan melakukan pembenahan-pembenahan data mulai dari tingkat desa pada tahun 2022.

Hermanto pun meminta dukungan dan arahan dari BPS selaku pembina data untuk bersama-sama kedepannya membantu Diskominfotiks dalam penyelenggaraan statistik sektoral di Kabupaten Rokan Hilir. (Rls/Wisman)

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan