Riau

Gubri Syamsuar Bersama Bupati Rohil Afrizal Sintong Sambangi IKM Rumah Tamadun Sudarno Mahyudin

Tampak Gubernur Riau Drs H syamsuar didampingi Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong dan wakilnya Sulaiman, Dirut Rumah Tamadun Hendra Dermawan sedang berbincang.

ROHIL (MR) - Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar bersama anggota DPRD Provinsi Riau Karmila Sari meninju industri kecil menengah (IKM) Rumah Tamadun berlokasi di Jalan Bahagia, Gang Sakinah, Kelurahan Bagan Timur, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, pada Jumat (20/08/2021) kemarin.

Selain Gubernur Riau H Syamsuar, turut hadir Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong bersama wakilnya Sulaiman melakukan silaturrahmi bersama Badan Riau Creative Network (BRCN) Rokan Hilir ke perpustakaan budayawan SPN H. Sudarno Mahyudin.

Dalam sambutannya Gubernur Riau Syamsuar mengatakan Rumah Tamadun sudah mendunia dan produk yang dihasilkan green (hijau) dan ramah lingkungan sesuai dengan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. "Yaitu Riau hijau," katanya.

Dalam kesempatan itu pula Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong mengapresiasi ide kreatif yang di lakukan oleh Rumah Tamadun.

Hendra Dermawan selaku Direktur Utama (Dirut) Rumah Tamadun sekaligus sebagai Ketua BRCN Rokan Hilir turut mengucapkan terimakasih atas kehadiran Gubernur Riau H Syamsuar beserta rombongan dan jajaran Pemkab Rokan Hilir ke Rumah Tamadun Sudarno Mahyudin.

"Kami sangat berterimakasih atas kunjungan dari Bapak Gubernur Riau bersama rombongan. Juga dari jajaran Pemkab Rokan Hilir. Ini menjadi motivasi kami untuk lebih kreatif lagi," kata Hendra.

Hendra memaparkan bahwa industri kecil menengah (IKM) Rumah Tamadun merupakan salah satu binaan dari Badan Riau Creative Network (BRCN) Rokan Hilir dalam produk unggulan daerah Kabupaten Rokan Hilir subsektor kriya ekonomi kreatif.

"Terimakasih Dinas Parpora, Disperindagsar, Diskop UMKM Rohil, serta kawan BRCN Rohil Pak Rezi, Muis, dan pengurus lainnya atas binaan selama ini kepada IKM Rumah Tamadun," pungkas Hendra.

Diketahui, industri kecil menengah (IKM) Rumah Tamadun merupakan pusat aneka kerajinan yang berdiri sejak tahun 2017 di Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko. 

Produk pertama yang dihasilkan di Rumah Tamadun adalah Tanjak. Tanjak yang dihasilkan merupakan pertama sekali di Kabupaten Rokan Hilir lewat sebuah "Gerakan Rokan Hilir Bertanjak" dimulai sejak tahun 2017 yang lalu.

Produk yang dihasilkan Rumah Tamadun pun semakin bervariasi, seperti limbah lidi sawit diolah menjadi aneka kerajinan seperti tas dari bahan baku dulu lidi sawit, piring lidi sawit, mangkok lidi sawit, dan aneka souvernir lainya.

Adapun prestasi yang di toreh oleh IKM Rumah Tamadun diantaranya Juara 1 adikriya piala Gubernur Riau tahun 2019 oleh Dinas Perindustrian Provinsi Riau. Kemudian peraih penghargaan Shiddakarya tahun 2020 tingkat Provinsi Riau.

Kuala Lumpur Business Matching 2019, utusan Riau pameran ke Melaka dalam kegiata GCF 2019, Expor ke Macau dan Malaysia lewat PT Sarinah Jakarta, dan prestasi lainnya. (rls/Wisman)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan