Riau

Silaturahmi Bersama, Ketua Faptekal Dumai Ingatkan Program Kerja

DUMAI (MR) - Forum Aksi Tenaga Kerja Lokal (Faptekal) Kota Dumai, akan terus berupaya untuk mengawal penyerapan tenaga kerja Lokal dan Sertifikasi bagi para tenaga kerja Lokal.
 
Hal ini disampaikan langsung oleh ketua Faptekal Dumai, Ismunandar dalam acara Silaturahmi bersama pengurus dan Anggota di Jalan Cempedak, (12/9).
 
"Ada empat point yang menjadi acuan berdirinya Faptekal Dumai, salah satunya adalah mengupayakan penyerapan tenaga kerja Lokal yang maksimal dan menggesa agar program sertifikasi bagi anak daerah dan pekerja lokal dapat terealisasikan secepatnya," Ujarnya.
 
Secara tegas, Ismunandar juga mengutarakan bahwa, akan terus bergerak dalam memastikan program-program yang dicanangkan oleh Faptekal bisa berjalan.
 
"Visi dan misi dari Faptekal hanya untuk kesejahteraan bersama, jadi kami juga harap dukungan dari pemerintah, namun, jika dalam pelaksanaannya pemerintah tidak mendukung, maka kami siap untuk melawan, Namun tentu saja melawan dalam artian yang intelektual dan baik," Sampainya.
 
Untuk melakukan aksi sosial dan kemasyarakatan, Faptekal juga berencana akan mendirikan yayasan, yang mana yayasan tersebut berfungsi untuk menjadi bagian sosial kontrol dan juga bersifat kemanusiaan.
 
"Kedepannya, kita akan mendirikan sebuah yayasan yang bersifat sosial dan kemasyarakatan, kami berharap yayasan ini bisa menjadi wadah menjadi sosial kontrol," Jelasnya.
 
Pada kegiatan ini, Nandar sapaan akrab ketua Faptekal ini juga turut mengucapkan terimakasih, kepada seluruh anggota Faptekal yang selalu kompak dalam menjaga nama baik Faptekal.
 
Serta selalu siap membantu satu sama lain demi memperjuangkan hak-hak, yang mungkin saja ada yang terabaikan oleh pihak perusahaan maupun pihak-pihak yang lain.
 
"Lebih kurang hampir satu setengah tahun ini, giat kita agak sedikit tersendat karena Pandemi covid-19, namun semangat kita tidak surut dalam memperjuangkan hak-hak yang mungkin saja ada yang terabaikan, pada kesempatan ini juga saya ucapkan terimakasih kepada seluruh rekan-rekan yang tetap solid dan kompak dalam menjaga nama baik Faptekal Dumai," Tuturnya.
 
Berikut ini Program kerja dari Faptekal Dumai :
 
1. Pelatihan dan sertifikasi dibidang industri migas dan non-migas 
 
a. Mempersiapkan calon peserta pelatihan yang diadakan oleh pemerintah dan perusahaan. 
 
b. Mengadakan kesepakatan Memorandum Of Understanding ( MOU) dengan Instansi pemerintah dan Perusahaan dibidang pelatihan dan Sertifikasi. 
 
c. Menempatkan dan mengawasi colon tenaga kerja sesuai dengan Verifikasi Kopetensi dan Sertifikasi. 
  
2. Pengembangan Usahan Mandiri Dan Industri 
 
a. Mengadakan pelatihan dibidang usaha mandiri yang dilaksanakan oleh Instansi pemerintah dan pengusaha. 
 
b. Mengadakan pelatihan dibidang usaha industri yang dilaksanakan oleh Instansi pemerintah dan pengusaha. 
 
c. Mengadakan kesepakatan Memorandum Of Understanding ( MOU) dengan Instansi Pemerintah dan Pengusaha dalam pengembangan dibidang usaha Mandiri dan Industri. 
 
d. Menempatkan dan mengawasi dalam perkembangan usaha mandiri dan industri 
 
3. Pengawasan Penyerapan Tenaga Kerja Lokal
 
a. Mempersiapkan kaderisasi untuk dilatih agar bisa menjadi mitra pengawasan pemerintah dan perusahaan. 
 
b. Mengadakan kesepakatan Memorandum Of Understanding ( MOU) dengan Instansi pemerintah dan Perusahaan dibidang pengawasan penyerapan tenaga kerja lokal. 
 
c. Menempatkan tim LSM Forum Aksi Peduli Tenaga Kerja Lokal sebagai mitra di Instansi Pemerintah dan Perusahaan agar penyerapan tenaga kerja lokal terlaksana dengan baik.  
 
4. Menjalankan Bakti Sosial Di Masyarakat 
 
a. Melakukan kegiatan bersih-bersih/gotong royong di lingkungan masyarakat 
 
b. Mendonorkan darah bagi masyarakat yang membutuhkan 
 
c. Berpartisipasi dengan pemerintah dalam melakukan bakti sosial dilingkungan masyarakat.
 
Penulis: Didin Marican




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan