Riau

Polsek Rimba Melintang Damaikan Warga yang Berselisih Paham

ROHIL (MR) - Dengan menerapkan program problem solving, Polsek Rimba Melintang Polres Rohil Berhasil selesaikan perkara perkelahian antar warga di Kepenghulan Lenggadai Hulu hingga akhirnya berdamai dan akan adakan acara makan bersama usai dimediasi.

Berdamai dan Makan bersama ini disepakati setelah mediasi kedua belah pihak yang dihadiri oleh warga pihak Resmiwati Sihotang, Tombang Situmorang, Sumihar Marbun dengan Pasar Pasaribu di kantor Polsek Rimba Melintang Jalan Almunawarah Kelurahan Rimba Melintang. Pada Rabu (15/9/2021) pagi kemarin.

Mediasi kedua belah pihak dilakukan disebabkan telah terjadinya selisih paham antara keduanya di Jl. Perkebun Gg. Toba RT 006 RW 002 Kep. Lenggadai Hulu Kec. Rimba Melintang.

Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK yang dikonfirmasi melalui Kasubbag Humas Polres Rohil AKP Juliandi SH. membenarkan bahwa pihaknya telah menerapkan problem solving dalam menyelesaikan perselisihan atau konflik antar warga yang terjadi di wilayah hukum Polsek Rimba Melintang Polres Rohil tersebut.

Menerapkan Problem Solving Objek Permasalahan Perkelahian Warga Gang Toba Kepenghulan Lenggadai Hulu Kecamatan Rimba Melintang" ungkapnya menjelaskan.

Problem solving melalui metode Alternative Dispute Resolution (ADR ) kata AKP Juliandi adalah upaya penyelesaian konflik maupun sengketa secara kooperatif, sscara bersama mencari solusi mufakat secara kekeluargaan yang bersifat win-win solution.

"Yaitu mengundang para pihak untuk mendengarkan harapan keinginan masing-masing pihak untuk dicarikan solusi mufakat secara kekeluargaan," kata AKP Juliandi, menjelaskan.

AKP Juliandi menambahkan ini merupakan salah satu strategi Polri dalam mencari solusi dan menyelesaikan permasalahan sosial di tengah masyarakat, kedua belah pihak akhirnya sepakat untuk berdamai yang ditandai dengan acara makan bersama.

"Setelah di adakan mediasi di Polsek Rimba Melintang didapat solusi penyelesaian antara kedua belah pihak sepakat untuk berdamai secara kekeluargaan dan akan mengadakan acara makan bersama dan meminta maaf kepada seluruh warga Gg. Toba Kepenghuluan Lenggadai Hulu, pada Sabtu (18/9/2021) mendatang," pungkasnya. (rls/Wisman)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan