Dumai Menuju Pendidikan Bermutu, Merata dan Beradab

Sekda Buka Rakor Kepsek Jenjang TK, SD, SMP Negeri dan Swasta se Kota Dumai

alikota Dumai, H. Paisal diwakili oleh Pj. Sekda Kota Dumai, Drs. H. Syahrinaldi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Sekolah (Kepsek) jenjang TK, SD, SMP Negeri dan Swasta se-Kota Dumai

DUMAI (MR) – Walikota Dumai, H. Paisal diwakili oleh Pj. Sekda Kota Dumai, Drs. H. Syahrinaldi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Sekolah (Kepsek) jenjang TK, SD, SMP Negeri dan Swasta se-Kota Dumai yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai, Selasa (21/9/2021).

Selain melaksanakan rakor kepsek bertempat di Ballroom Comforta Hotel, Jalan Sudirman juga dilaksanakan Pencanangan Jasa Sahabat Guru.

Dalam sambutannya, Walikota Dumai, H. Paisal diwakili oleh Pj. Sekda Kota Dumai, Drs. H. Syahrinaldi mengatakan Pendidikan bukan hanya proses belajar mengajar yang diterima di sekolah, melainkan segala proses kehidupan yang terjadi di sekitar kita, baik dari lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Dumai berupaya melakukan berbagai inovasi pembangunan pendidikan.

“Dengan demikian, kita berharap pendidikan di Kota Dumai yang kita cintai ini semakin bermutu, merata dan beradab,” ujarnya.

Melalui program siswa beradab dan buta aksara, Sekda berharap anak-anak tahu adab sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak mengerti bagaimana meminta izin kepada orangtua atau guru, bagaimana adab ketika makan, bagaimana berbicara dengan orang yang lebih tua dan adab-adab lainnya yang memang sudah menjadi nilai-nilai kearifan lokal yang sangat bersebati dengan agama Islam.

Lebih jauh lagi, lanjutnya, untuk anak-anak usia TK tidak ada lagi yang tidak mengenal huruf hijaiyah. Sudah pandai mengaji. Hingga nantinya terwujud Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan agamis serta berjati diri melayu sesuai dengan misi Kota Dumai.

“Putra-putri Dumai lah yang akan mengembangkan daerah yang kita cintai ini ke arah yang lebih maju. Jangan sampai kita meninggalkan generasi-generasi yang lemah, baik itu lemah fisik, mental dan lemah daya fikir. Karena meninggalkan generasi lemah dan menyia-nyiakan masa depan generasi kita atau anak-anak kita, dilarang Allah SWT,” ungkapnya.

Meskipun sampai saat ini kita masih dalam masa pandemi covid-19, kata Sekda, semangat untuk terus berupaya memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak tidak boleh hilang.

“Sekarang sekolah sudah bisa melakukan pembelajaran tatap muka terbatas, tetap patuhi protokol kesehatan, dan perhatikan asupan makanan untuk menjaga agar tubuh tetap fit,” tutupnya.

Sementara, Plt. Kepala Disdikbud Kota Dumai, Yusmanidar menyebutkan, rakor ini diikuti 190 kepala sekolah mulai tingkat TK, SD dan SMP Negeri dan Swasta se Kota Dumai, Pengawas Sekolah, Kabid dan Kasi di jajaran Disdikbud Dumai.

Tujuan dari kegiatan ini adalah adanya sinkronisasi kegiatan antara Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Disdikbud baik itu dalam hal perencanaan dan penganggaran, pembelanjaan dana BOS, adanya peningkatan mutu sekolah berdasarkan capaian standar nasional pendidikan dan penguatan pendidikan karakter di sekolah.

“Salah satu program prioritas yang akan dibahas dalam rakor ini ialah untuk mewujudkan Dumai menuju Pendidikan yang Bermutu, Merata dan Beradab. Sesuai dengan prioritas program pak Wali kita untuk menciptakan Sekolah dan Siswa yang beradab,” sebutnya.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Dumai, Khairul Anwar, Kepala Bappeda Dumai, Budhi Hasnul, Kepala Sekolah TK, SD, SMP Negeri dan Swasta se-Kota Dumai serta narasumber dan peserta rakor dari Disdikbud Dumai. (Advetorial)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan