Riau

Petani di Rohil Ikuti Bimtek Gratieks Komoditas Pertanian

ROHIL (MR) - Puluhan petani yang merupakan perwakilan dari kelompok tani ikuti bimbingan teknis gerakan tiga kali lipat ekspor (Gratieks) komoditas pertanian. Kegiatan di pusatkan di Gedung Serbaguna, Bagansiapiapi, Rabu (22/9/2021). 

Bimtek yang diselenggarakan oleh balai karantina pertanian kelas l Pekanbaru tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong dan dihadiri kepala balai karantina kelas I Pekanbaru Dra. Rina Delfi M. Si, mantan ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, beberapa kepala OPD serta unsur lainnya. 

Kepala Balai Karantina Dra Rina Delfi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Rohil yang telah mendukung diadakannya Bimtek tersebut. 

Ia menjelaskan, Rohil merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki potensi pertanian yang cukup besar. Bahkan sebutnya, salah satu komoditi seperti talas menjadi salah satu hasil pertanian yang di ekspor ke luar negeri. 

Namun katanya, diharapkan yang menjadi komoditi ekspor bukan hanya talas namun juga komoditi lainnya yang ada di Rohil. 

Bimtek Gratieks ini lanjutnya, diharapkan dapat menciptakan eksosistem perekonomian yang modern serta mampu meningkatkan ekspor komoditas pertanian melalui upaya penguatan aktivitas produksi (on farm) maupun aktivitas pasca produksi (off farm) di Rohil. 

Ia juga meminta dukungan kepada Bupati Rohil dalam meningkatkan gerakan komoditi ekspor. Sebab katanya, tanpa dukungan dari pemerintah daerah program tersebut akan sulit berjalan. 

"Saya yakin Rohil ini merupakan salah satu hamparan yang luas dan akan menjadi salah satu penyumbang komoditi ekspor. Kami mohon dukungan pak Bupati agar kesejahteraan para petani ini meningkat, " cakapnya. 

Sementara itu, Bupati Rohil dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Balai Pertanian yang telah melaksanakan Bimtek Gratieks di Kabupaten Rohil. Pemerintah Daerah sebutnya, akan memberikan dukungan penuh terhadap program tersebut. 

"Rohil ini memiliki lahan pertanian yang masih luas dan banyak potensi pertanian yang bisa dikembangkan," katanya. 

Kedepan katanya, potensi pertanian yang luar biasa yang ada di Rohil akan dilakukan pembinaan melalui Dinas Pertanian. 

"Kami juga ucapankan terimakasih atas acara yang telah di selenggarakan di tempat kami ini, kita akan lakukan pembinaan kepada para petani melalui Dinas Pertanian, " paparnya. 

Selain itu, Bupati juga berharap food estate segera berjalan sehingga para petani yang ada di Rohil semakin sejahtera. 

"Saya juga berharap foot estate segera dijalankan, Rohil siap, berapa lahan yang di butuhkan kami siap, " pungkasnya. (rls/Wisman)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan