Riau

Rutan Dumai Gelar Vaksinasi untuk Warga Binaan

DUMAI (MR) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Dumai kembali melaksanakan Vaksinasi untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam menekan penyebaran virus Covid-19 di Rutan Kelas IIB Dumai.

Vaksinasi ini khusus untuk WBP yang sudah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan menurunkan tim medis dari Puskesmas Bumi Ayu sebanyak 15 orang.

Kepala Rutan Kelas IIB Dumai Pance Daniel Panjaitan, A.Md.IP., S.H., M.M mengatakan, dalam hal ini Rutan Kelas IIB menindaklanjuti perintah Pimpinan untuk melaksanakan vaksinasi untuk WBP yang ada di Rutan ini.

"Atas perintah dari Pimpinan kami tersebut, maka kami melaksanakan vaksinasi bagi WBP sebanyak lebih kurang 300 orang," kata Karutan. Kamis (23/9/2021)

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini, Rutan Kelas IIB bekerjasama  dengan Dinas Kesehatan Kota Dumai dan Puskesmas Bumi Ayu, agar target untuk 700 org WBP yang harus divaksin dalam bulan ini bisa terkejar.

"Vaksinasi ini merupakan cara untuk menghambat penyebaran virus Covid-19 di lingkungan Rutan ini dan untuk menambah imun bagi para WBP," kata Karutan.

Pelaksanaan Vaksinasi ini untuk dosis yang Pertama dan Kedua dengan memakai vaksin Sinovak dan Moderna. Untuk vaksin yang Pertama memakai vaksin Sinovac dan untuk vaksin yang Kedua Moderna.

Selama ini kendala di Rutan IIB Dumai untuk bisa memberikan vaksinasi kepada WBP adalah, banyak nya WBP yang tidak memiliki NIK dan identitas pribadi WBP.

Untuk masalah ini sudah ada solusinya yakni, dengan memberikan surat keterangan dari Kepala Rutan, bahwa orang tersebut memang benar WBP Rutan Kelas IIB Dumai.

"WBP yang tidak memiliki NIK sudah bisa kami vaksin, dengan memberikan surat keterangan dari Kepala Rutan, tetapi mereka yang sudah divaksin hanya di berikan kartu vaksin dan tidak mendapatkan sertifikat Vaksin," terang Karutan.

Sambil menutup keterangannya, Karutan Kelas IIB Dumai mengatakan, "Kami akan melengkapi keterangan administrasi dari Kepala Rutan bagi para WBP yang mau divaksin, bagi WBP yang tidak memiliki NIk." (Vanche)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan