Riau

Keluarkan Pernyataan Sikap, Ketua PWI Dumai Mengutuk Kekerasan pada Wartawan

Ketua PWI Dumai Bambang Hendriyanto

DUMAI (MR) - Kekerasan yang terjadi pada wartawan kembali terjadi di Kota Dumai. Kamis (23/09/2021) kemarin anggota PWI Kota Dumai, Hendri D menjadi korban kekerasan. 

Atas peristiwa itu, Bambang Hendriyanto selaku ketua PWI Kota Dumai, merilis pernyataan sikap.

Pernyataan Sikap PWI Kota Dumai sebagai berikut:

1. Mengutuk keras kekerasan yang dilakukan kepada Hendri D, wartawan Pantau Riau. Aksi kekerasan baik itu kepada wartawan atau siapapun apalagi secara bersama-sama bertentangan dengan hukum.

2. Mendukung langkah dan upaya dari korban Hendri D dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi serta siap memberikan pendampingan.

3. Mengimbau kepada seluruh anggota PWI Kota Dumai untuk mematuhi Kode Etik Jurnalistik dan Kode Prilaku Wartawan dengan menempatkan keselamatan pribadi di atas segala-galanya.

4. Menghimbau kepada semua pihak untuk menggunakan cara-cara persuasif dan menghindari kekerasan. Terutama kepada wartawan. Jika ada pihak-pihak yang merasa dirugikan atau merasa diintimidasi agar menggunakan UU pers, melaporkan ke media bersangkutan bekerja, ke organisasi dimana ia bernaung dan ke dewan pers.

5. Semoga kedepan kekerasan kepada masyarakat terutama kepada wartawan dalam menyelesaikan masalah tidak terulang kembali.

Penasehat PWI Dumai Kambali juga angkat bicara. Secara pribadi ia mengajak diri saya sendiri dan kita semua untuk semaksimal mungkin mematuhi UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Kode Perilaku Wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalistik.

"Profesi wartawan adalah profesi mulia dan terhormat. Menjadi anggota PWI adalah kehormatan. Mari kita jaga kehormatan itu bersama sama," Tegasnya. (*) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan