Riau

Bupati Rohil Bilang Seluruh Kanal Akan di Normalisasi

Tampak ruas jalan tergenang banjir.

ROHIL (MR) - Intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir menyebabkan sebagian wilayah dan beberapa ruas jalan di Bagansiapiapi Kota, Kecamatan Bangko, Rokan Hilir, Riau mulai terendam banjir.

Menanggapi hal tersebut Bupati dan Wakil Bupati Rohil Afrizal Sintong- H Sulaiman bergegas turun gunung melakukan pemantauan di beberapa lokasi banjir yang terjadi di wilayah tersebut.

"Hari ini kami telah cek lokasi banjir, insya Allah dalam beberapa hari kita akan tambah alat berat untuk melakukan normalisasi seluruh kanal yang ada di Bagansiapiapi," katanya kepada media di lokasi banjir, Rabu (29/9/2021).

Dalam pelaksanaan normalisasi maupun pelebaran kanal nantinya Pemkab Rohil berjanji akan memberikan ganti rugi kepada warga masyarakat jika ada tanaman maupun rumah yang terdampak. 

"Kita ganti rugi jika ada rumah masyarakat maupun  tanaman masyarakat yang kena dalam pelebaran kanal. Namun, kita juga meminta pengertian dari masyarakat, kita siapkan anggaran untuk ganti rugi, kita akan perlebar dan bersihkan semua kanal yang ada," tukas bupati.

Pemerintah mengatakan puncak musim penghujan nantinya akan jatuh pada bulan Desember. Untuk itu, Pemkab Rohil fokus dalam menangani persoalan banjir yang kerap terjadi di beberapa wilayah di Rokan Hilir.

"Nanti bulan Desember baru puncaknya, sebelum bulan Desember kita sudah mengatasi ini dan kita upayakan untuk meminimalisir dampak banjir," ujarnya.

Bupati Afrizal Sintong menambahkan nantinya seluruh staf di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan dikerahkan membersihkan seluruh saluran air maupun drainase yang tersumbat serta meminta Camat, Lurah dan Penghulu berupaya semaksimal mungkin mengatasi banjir dan memberikan informasi daerah mana yang perlu di normalisasi. 

"Kita juga berharap seluruh camat datuk penghulu, lurah dan aparat pemerintah dapat bersama-sama bekerja untuk mengatasi banjir ini," tambahnya.

Khusus warga terdampak banjir, Pemkab Rohil akan membagikan sembako kerumah warga terdampak yang akan disalurkan melalui Gerakan Milenial Rokan Hilir Bangkit (GMRB).

Dalam kesempatan itu Wabup Sulaiman mengatakan antisipasi banjir sebenarnya telah dilakukan sejak bulan Juli yang lalu dengan mengerahkan alat berat milik Pemkab dalam melaksanakan normalisasi di bantaran sungai garam.

Selain Bupati Rohil Afrizal Sintong dan wakilnya Sulaiman turut hadir Ketua DPRD Rohil Maston, Sekda Rohil HM Job Kurniawan, Plt Kadis PUTR Budiman, Kadis DLH Suwandi dan Kepala BPBD Hari D Putra. (rls/Wisman)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan