Riau

DKD Kota Dumai Gelar Piala Bergilir Walikota Festival Tari Zapin Tradisi

DUMAI (MR) - Festival Tari Zapin Tradisi  Tingkat Pelajar SMP sederajat se-Kota Dumai Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian  Daerah Kota Dumai  dan Forum Anak Kota Dumai diadakan di aula Kodim 0320/Dumai Jalan Sultan Syarif Kasim Dumai. 

Festival Tari Zapin tradisional tingkat SMP sederajat se-Kota Dumai ini merupakan Festival yang memperebutkan Piala bergilir Walikota Dumai yang mengusung tema "Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif" yang diikuti oleh 14 sekolah peserta. 

Dalam kata sambutannya Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0320/Dumai yang diwakili oleh Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kasdim) 0320/Dumai Mayor (Inf) Hasan Ibrahim mengatakan, festival ini merupakan suatu cara untuk melestarikan budaya-budaya tradisional dan tradisi seni budaya yang ada di Kota Dumai, salah satunya Tari Zapin. 

"Festival ini memperlombakan salah satu tari tradisional budaya Melayu yang ada di Kota Dumai, dengan demikian festival ini bisa melestarikan budaya Tari tradisional kepada para pelajar," kata Kasdim. Kamis (7/10/2021). 

"Selamat kepada para peserta dan kepada pemenang nantinya, festival ini bukan hanya mencari pemenang, tetapi bagaimana peserta bisa mengenal dan melestarikan Tari budaya tradisional ini," tutup Kasdim. 

Sementara Ketua DKD Kota Dumai Aridwan yang biasa disapa Iwang mengatakan, festival ini untuk meningkatkan dan melestarikan dalam pengembangan seni budaya Tari Zapin tradisional. 

"Seni Budaya lokal perlu senantiasa diangkat, dikembangkan dan dilestarikan, karena Seni Budaya ini merupakan identitas negeri," kata Iwang. 

Ketua DKD Kota Dumai berharap, "Semoga unsur kesenian yang di sampaikan Wali Kota Dumai ke sekolah-sekolah dapat dijadikan panduan untuk diterapkan di seluruh sekolah-sekolah sesuai dengan kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai."

"Terima kasih kepada seluruh Panitia pelaksanaan Festival, Sanggar-sanggar tari yang antusias ikut serta dalam festival tari ini dan terima kasih kepada instansi yang terlibat dalam kerjasama di festival ini," pungkas Iwang. 

Festival Tari Zapin Tradisi ini bekerjasama dengan Kodim 0320/ Dumai, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah raga dan Forum Anak Kota Dumai. (Vanche)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan