Riau

Asisten III Setdako Dumai Tutup Festival Tari Zapin Tradisi Tingkat SMP Tahun 2021.

DUMAI (MR) - Festival Tari Zapin Tradisi tingkat pelajar SMP sederajat se-Kota Dumai Tahun 2021 yang diadakan oleh Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kota Dumai di Aula Kodim 0320/Dumai memasuki tahap pengumuman juara dan pembagian hadiah. 

Festival ini diikuti oleh 14 sekolah peserta yang sudah menampilkan Tari Zapin persembahannya, yang dinilai oleh 3 orang dewan juri dari Pengurus DKD Kota Dumai. 

Ketua DKD Kota Dumai Aridwan menyampaikan program kegiatan yang sudah dilakukan DKD Kota Dumai  yakni, memproduksi buku Seniman-seniman Kota Dumai, lomba cerpen tingkat guru se-Kota Dumai, sedang melaksanakan lomba mewarnai tingkat SD dan tingkat TK se-Kota Dumai, sedang memproduksi rekaman lagu-lagu relegi untuk rebana se-Kota Dumai serta hari ini mengadakan festival Tari Zapin Tradisi setingkat SMP sederajat se-Kota Dumai. 

"Kami atas nama Pengurus DKD Kota Dumai mengucapkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada seluruh pihak yang sudah membantu dan mendukung dalam setiap kegiatan DKD Kota Dumai," kata Ketua DKD yang akrab disapa Iwang. Kamis (7/10/2021). 

"DKD juga mengadakan lomba yang diberikan nama DKD Voice yang diambil 10 orang terbaik dari tingkat SD, 10 orang tingkat SMP dan 10 orang tingkat SMA," tutup Ketua DKD Kota Dumai. 

Ketua DKD Kota Dumai juga berharap, "Semoga Pemerintah Kota Dumai dan instansi terkait yang ada, bisa mendukung dan membantu dalam setiap kegiatan DKD Kota Dumai dalam mengangkat dan melestarikan seni dan budaya di Kota Dumai."

Sementara itu Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0320/ Dumai Letkol Inf Irdhan, S.E., M.M menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah menyukseskan acara ini. 

"Terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang sudah mensukseskan festival ini, selamat kepada pemenang, jangan merasa puas atas prestasi yang sudah dicapai, jangan pernah berhenti untuk melestarikan dan berkreasi untuk seni budaya," ucap Dandim. 

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdako Dumai, Muhammad Syafei, S.Sos., M.Si yang mewakili Walikota Dumai mengatakan, Tari Zapin mengandung nilai filosofi sejarah dan nilai filosofi Islami. Oleh karena itu kita harus melestarikan seni budaya agar nilai-nilai Budaya Melayu tetap dilestarikan dari generasi ke generasi. 

"Di samping untuk melestarikan seni budaya festival ini juga untuk mengembangkan bakat generasi muda dalam berkreativitas dalam seni dan budaya," pungkas M. Syafei sambil menutup festival Tari Zapin Tradisi tahun 2021.

Hasil keputusan dewan juri pada Festival Tari Zapin Tradisi Tahun 2021 yang memperoleh nilai tertinggi yakni :

Juara 1 jumlah nilai 693 dengan nomor undian 13 dari SMPN 1 Dumai. 

Juara 2 jumlah nilai 678  dengan nomor undian 06 dari SMPN 14 Dumai. 

Juara 3 jumlah nilai 669 dengan nomor undian 02 dari SMPN 2 Dumai. (Vanche)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan