Pariwisata

Pemandangan Langka, Detik-detik Jupiter Dihantam Asteroid Terekam Kamera

MONITORRIAU.COM - Pemandangan langka terlihat di Jupiter belum lama ini. Planet terbesar di Tata Surya tersebut baru saja dihantam asteroid yang menciptakan kilatan hingga dapat diamati dari Bumi.
Kejadian tersebut berlangsung pada 15 Oktober. Pengamat langit di Jepang melihat ada kilatan di atmosfer Jupiter dan peristiwa tersebut terekam kamera.

Seperti dilansir dari Live Science, Minggu (24/10/2021), mereka mengkonfirmasi pengamatan yang dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh Ko Arimatsu, seorang astronom di Universitas Jepang yang mengambil bagian dalam proyek Organized Autotelescopes for Serendipitous Event Survey (OASES).

Tampak terlihat ada cahaya putih seperti kilatan di Jupiter. Tanda itu yang dikembangkan untuk saat ini, planet tersebut dihantam asteroid.
Menurut Sky & Telescope, kilatan pada 15 Oktober itu menghantam planet Zona Tropis Utara ini, tepatnya di dekat tepi selatan Sabuk Beriklim Utara.

Pengamat belum mengetahui secara pasti dampak yang ditimbulkan akibat hantaman asteroid tersebut, apakah meninggalkan lubang, ukuran asteroid yang jatuh, dan lainnya.

Sebagai planet terbesar di Tata Surya, Jupiter memiliki tarikan gravitasi yang kuat akibat massanya. Hal ini membuat benda luar angkasa di planet tersebut tertarik dan kemudian menghantam daratan Jupiter.*** (detik.com)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan