Riau

Pemda Rohil Teken MoU dengan Balai Diklat Industri Medan

Afrizal Sintong teken MoU dengan Balai Diklat Industri Medan

ROHIL (MR) - Guna pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang Industri, Pemerintah Daerah (Pemda) Rohil tandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Balai Diklat Industri Medan, Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Industri, Kementrian Industri RI, Jumat (29/10/2021). 

Penandatanganan MoU yang dipusatkan di Rumah dinas Bupati tersebut secara langsung dilakukan oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong S. IP didampingi Wabup H Sulaiman SS.MH bersama Kepala Balai Diklat Industri Medan Drs Indra Amin Msi.

Kepala Balai Diklat Medan Dra Indra Amin mengatakan, kegiatan pembangunan Industri nasional selain memperbesar investasi juga harus selaraskan pengembangan sumberdaya manusia nya.

"Diklat dalam rangka pengembangan SDM Industri ini mendapat dukungan penuh dari Bupati. Sehingga, dalam waktu dekat akan segara kita jalankan," ujarnya.

Sejalan dengan program di kementerian perindustrian upaya peningkatan tenaga kerja industri atau industri lanjutnya, akan terus kita kembangkan dalam rangka menjadikan sektor industri tersebut menjadi prime mover atau penggerak utama di dalam pembangunan ekonomi nasional. 

"Dalam rangka memperkuat industri ini agar bisa berproduktivitas dengan produktivitas tinggi dan agar mampu bersaing berkompetisi dengan industri  dari luar negeri maka semua lini sektor yang ada di industri khususnya untuk operator ini akan kita tingkatkan kompetensi nya dan akan kita sertifikasi, " jelasnya. 

Menurutnya saing SDM sangat diperlukan dalam industri nasional yang penerapan nya akan menuju Industri 4.0.

"Sektor industri sawit ini nanti akan juga akan masuk ke dalam sektor industri yang menerapkan teknologi produksi menuju industri 4.0 salah satu yang didorong oleh Bapak Bupati untuk kita segerakan pelaksanaannya. Sehingga, potensi kekayaan sumber daya alam yang ada di Kabupaten Rohil akan semakin meningkat," paparnya. 

Apalagi visi misi Bupati Rokan Hilir dalam pengembangan sektor industri sangat sejalan dengan MoU yang telah ditandatangani bersama tersebut. 

"Dengan pengembangan SDM bidang industri tentunya kesempatan kerja akan semakin terbuka dan angka pengangguran akan semakin menurun," katanya. 

Sementara itu Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas MoU yang dilakukan bersama balai Diklat industri Medan. 

Sebab kata Bupati, dengan adanya MoU tersebut tentunya akan mendukung pengembangan SDM yang ada di Rohil yang selama ini memang masih tergolong rendah di bidang industri. 

Apalagi sebutnya, Rohil memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat besar seperti Pabrik Kelapa Sawit (PKS) serta bidang industri lainnya. Sehingga, dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni dalam pengelolaan nya.

"Pembinaan SDM bidang industri ini betul-betul sangat kami butuhkan untuk memberikan keahlian kepada anak-anak Rohil," jelasnya. 

Untuk tahap pertama ini, kata bupati akan diberikan pelatihan kepada 500 masyarakat yang dibagi dari 18 Kecamatan yang ada di Rokan Hilir selama 12 hari. 

"Setelah memiliki keahlian dan sertifikasi tentu kita bisa mengirimkan anak-anak kita untuk bekerja di perusahaan PKS maupun Migas yang ada di Rokan Hilir," pungkasnya. (rls/Wisman)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan