Riau

Tim Penyelamatan Inhil Evakuasi Seekor Buaya Muara

TEMBILAHAN (MR) - Tim Reaksi Cepat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Indragiri Hilir, Minggu (07/11/2021) mengevakuasi seekor buaya muara di belakang rumah warga Yolandi (24) di Jl Suhada 2 RT 02 RW 03 Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Buaya tersebut dievakuasi di belakang penangkarannya karena dianggap meresahkan warga sekitar.

Menurut keterangan Yolandi, Buaya ini sering muncul ketika hari lagi panas-panasnya, Buaya tersebut sering menampakkan diri di depan halaman rumah warga.

"Warga bingung mau melapor kemana, jadi saya yang melapor ke kawan-kawan Damkar terus diteruskan ke Damkar Inhil," katanya.

Mendapatkan laporan dari warga Yolandi, Kepala DPKP Inhil bapak Drs,H.Eddiwan Shasby,MM menginstruksikan Kepada Seluruh Anggota Damkar Inhil.

Hal-hal yang perlu diperhatikan :
1. Jadwalkan utk survey lokasi dan titik dimn buaya ada.
2. Susun anggota yg turun operasi.
3. Pastikan peralatan semua sdh stanby.
4. Bawa masyarakat setempat utk bekerjasama.
5. Atur strategi, tingkat kewaspadaan saat operasi.
6. Laporkan perkembangannya.

Sebelum melakukan evakuasi, Sekitar pukul 08.00 Wib pagi,Drs,H.Eddiwan Shasby,MM mengumpulkan anggota damkar dan melakukan apel pagi, Sebelum melakukan kegiatan evakuasi Drs,H.Eddiwan Shasby,MM berharap agar Anggota Damkar menjaga keselamatan dalam bekerja, Karena ini (Buaya) Hewan yang sangat buas,dan berbahaya.

Dengan menggunakan 1 Unit mobil TRC dan 1 Unit mobil Ambulans Sekitar Pukul 09.00 Wib Tim Reaksi Cepat Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Inhil Di dampingi Kepala DPKP Inhil,langsung menuju Lokasi.

Sampai di lokasi di Jl Suhada 2 Kecamatan Tembilahan Hulu, Kepala DPKP Inhil Langsung menemui ketua RT 02 RW 03 Thamrin, Kepala DPKP Inhil meminta izin kepada ketua RT setempat untuk melakukan evakuasi Buaya.

Setelah mendapat izin dari ketua RT, Kepala DPKP Inhil langsung menginstruksikan kepada anggota damkar agar segera mencari lokasi buaya tersebut bersembunyi.

Kendalanya

Keterbatasan alat untuk pengevakuasian buaya, menggunakan alat tradisional atau seadanya sehingga memakan waktu yang cukup lama. "Alhamdulillah dengan pengalaman dan kerjasama Tim, Buaya tersebut dapat di evakuasi oleh Tim DPKP Inhil" Ungkap Kadis

Alhamdulillah buaya dapat di tangkap dan di evakuasi oleh DPKP Kab. Inhil  berkat kerja keras dan semangat para anggota. Buaya yang meresahkan masyarakat Suhada 2 sudah di evakuasi Tim DPKP Inhil, Tidak ada korban saat evakuasi, Hanya saja salah satu anggota Damkar terkena tertusuk kayu/ sesuban, dengan gerak cepat Tim Medis Damkar, Anggota Damkar yang tertusuk kayu sudah di atasi tim medis.

Masyarakat yang menyaksikan langsung Tim DPKP Inhil melakukan evakuasi sangat antusias,Ada juga masyarakat yang terharu dengan kegigihan tim Damkar Inhil,

Thamrin, Saya Selaku ketua RT 02 RW 03 Jl Suhada 2 Kecamatan Tembilahan Hulu Sangat berterima kasih kepada Kepala Dinas Pemadam kebakaran dan penyelamatan Inhil Drs. H. Eddiwan Shasby MM dan Tim Gerak cepat Damkar yang telah membantu mengevakuasi buaya yang meresahkan warga sekitar,Sekali lagi saya sangat berterima kasih.

Drs,H.Eddiwan Shasby,MM yang langsung menyaksikan Gerak cepat Tim DPKP Inhil melakukan Evakuasi buaya, Mengatakan, Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah melaporkan adanya buaya ini dengan Tim Damkar Inhil, Saya selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat Inhil agar menghubungi DPKP Inhil jika ada evakuasi ular, biawak, Buaya, Tawon dan Kebakaran (0768 244 88).

Setelah buaya ini di evakuasi,buaya ini untuk sementara di bawa ke Kantor Damkar di Jalan SKB,Dan kami akan menghubungi Tim BKSDA yang ada di Inhil, Apakah buaya ini di bawa ke pemeliharaan hewan atau bagaimana, Karena buaya ini hewan yang sangat berbahaya"

Turut Hadir Kepala bidang penyelamatan dan penanganan kebakaran( Muhammad Ridwan SE) kasi operasi Pemadam dan Investigasi MEIYONDRI, Khairul Hasbi SE, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kabupaten Indragiri Hilir Mendampingi Anggota Damkar Inhil, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pelatihan pada Bidang Pencegahan dan pengendalian Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kabupaten Indragiri Hilir Sirmanto SH.

Pelayanan Kebakaran Dan Non Kebakaran Dinas Pemadam kebakaran dan penyelamatan Kabupaten Inhil Gratis Tanpa Biaya Hubungi Kami 0768 244 88. (Mediapustindamkar/mir)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan