Riau

Dinas Sosial Dumai Beri Bantuan pada Lansia dan Penyandang Disabilitas

DUMAI (MR) - Dinas Sosial Kota Dumai mengadakan kegiatan pemberian bantuan pemulihan ekonomi bencana pandemi bagi masyarakat penyandang disabilitas dan lanjut usia Kota Dumai Tahun Anggaran 2021 bertempat di Gedung Sri Bunga Tanjung Kota Dumai. 

Target Dinas Sosial Kota Dumai tahun ini yakni pemberian bantuan kepada para lansia yang non potensial dan para Disabilitas yang terdata mendapat bantuan sebanyak lebih kurang 456 penerima manfaat. 

Plt Kepala Dinas Sosial (Ka Dinsos) Kota Dumai H. Afrilagan, S.H., M.Si dalam membuka kegiatan ini mengatakan, bantuan yang diberikan oleh Dinas Sosial Kota Dumai kepada para lansia dan disabilitas ini tidak seberapa, semoga bantuan ini dapat meringankan beban bagi para penerima manfaat di masa pandemi Covid-19 ini. 

"Semoga para penerima manfaat ini bisa tetap semangat dan bahagia menerima bantuan ini, walupun tidak besar, tapi mudah-mudahan bisa membantu di masa pandemi ini," ucap Afrilagan, Rabu (10/11/2021). 

Kegiatan pemberian bantuan ini dilaksanakan secara simbolis kepada penerima manfaat mengingat keadaan saat ini masih terbatas karena dalam pandemi Covid-19. 

"Nanti bagi para penerima manfaat yang tidak hadir saat ini, kami dari petugas Dinas Sosial akan langsung mengantarkan bantuan ini ke rumah-rumah atau Kantor Camat untuk memberikan bantuan kepada masyarakat penerima manfaat," jelas Afrilagan. 

Tahun depan Dinas Sosial Kota Dumai bersama Walikota Dumai akan membahas kembali untuk menganggarkan bagi masyarakat Kota Dumai yang belum terdata untuk menerima bantuan bagi penerima manfaat. 

Walikota Dumai H. Paisal,S.K.M., MA.R.S dalam kata sambutannya mengatakan, untuk para disabilitas merupakan tanggung jawab pemerintah untuk mensupport dan memberikan bantuan untuk mengurangi beban hidup para disabilitas. 

"Juga untuk para lansia yang tidak mampu, Pemko Dumai akan bekerjasama dengan Baznas Kota Dumai akan memberikan bantuan agar dapat penerima manfaat," ucap walikota.

Walikota berharap, "Pak Lurah dan Pak Camat untuk memberikan data yang valid agar lansia yang kita bantu memenuhi kreteria yang tidak mampu."

Kedepannya Pemko Dumai akan memaksimalkan dengan program Kementerian Sosial yang bisa meng-update setiap bulannya DTKS untuk kita manfaatkan untuk mengusulkan data bagi masyarakat yang belum menjadi penerima manfaat. 

"Bantuan yang diberikan oleh Pemko Dumai melalui Dinas Sosial Kota Dumai, baik dalam bentuk uang atau alat-alat yang di butuhkan, bisa membantu mengurangi beban hidup para penerima manfaat," tutup walikota.

Pada kegiatan pemberian bantuan Pemko Dumai melalui Dinas Sosial Kota Dumai ini, memberikan bantuan sebanyak 456 penerima manfaat dari jumlah yang ada di lapangan berkisar 600-700 penerima manfaat. 

Jumlah 456 penerima manfaat ini merupakan hasil seleksi dari tim Dinas Sosial Kota Dumai dengan Pekerjaan Sosial Masyarakat (PSM) dengan mendatangi rumah masyarakat dengan kriteria warga yang bukan pensiunan ASN, TNI/Polri dan orang kaya. (Vanche)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan