Riau

Kota Dumai Raih Juara Umum dalam Kompetisi Karya Musik Inovatif 2021

Para musisi Kota Dumai yang mengikuti Kompetisi Karya Musik Inovatif 2021 yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Provinsi Riau

DUMAI (MR) - Kota Dumai meraih juara umum pada ajang Kompetisi Karya Musik Inovatif Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Riau yang dilaksanakan di Gedung Olah Seni Ediruslan Pe Amanriza pada Rabu malam (10/11/2021). 

Melalui karya musik yang dibawakan Sanggar Pura Mahligai Kota Dumai dengan tema "Seru Sepenjuru Angin" yang merupakan sastra lisan "Memanggil Angin Untuk Permainan Layang-Layang Waw", akhirnya Kota Dumai berhasil meraih Juara Umum dengan memenangkan semua kategori lomba yakni Penyaji Terbaik, Komposer Terbaik dan Pemusik Terbaik.

“Alhamdulillah, Kota Dumai meraih juara umum pada ajang Kompetisi Karya Musik Inovatif Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Riau. Semoga prestasi yang baru kita raih ini dapat dipertahankan dan musisi Kota Dumai semakin berkembang lagi,” ujar Ketua Sanggar Pura Mahligai Ali Ibnu Amar, Kamis (11/11/2021).

Dijelaskan Ali, kegiatan Kompetisi Karya Musik Inovatif yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Provinsi Riau melalui Taman Budaya Riau mengangkat tema “Musik Beriring Bersaing”.

“Kegiatan ini merupakan ajang membangun spirit kreativitas musisi Riau dalam meningkatkan kemampuan potensi yang dimiliki dengan tidak meninggalkan akar tradisi melayu Riau,” imbuhnya.

Kegiatan Kompetisi Karya Musik Inovatif ini bertujuan untuk Melestarikan dan mengembangkan Kesenian Tradisi Melayu Riau, Meningkatkan kemampuan kreatifitas para musisi Riau dalam mengolah sastra lisan Riau untuk menghasilkan karya musik inovatif, Meningkatkan kemampuan para musisi Riau dalam bereksplorasi terhadap karakter-karakter yang ada dalam sastra lisan Riau, Mengangkat kembali tradisi lisan Riau yang kurang berkembang, Membangun sportivitas dan identitas karya para musisi Riau dalam berkarya dan turut memberikan kebijakan dan strategi dalam bidang pengkajian seni musik dan sastra dalam meningkatkan sumber daya manusia.

Dewan juri pada kegiatan ini merupakan musisi - musisi nasional. Dimana, dalam penilaian juri, karya yang disajikan masing-masing peserta, mengacu pada bobot penilaian yang disusun oleh dewan juri, diantaranya, Kreatifitas dan orisinalitas (40 persen), Konsep musikal (20 persen), Komposisi musik (30 persen) dan Perfomancen/ Penampilan (10 persen).




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan