Riau

Rangkaian Kegiatan Sempena HUT PGRI-HGN Yang ke 76

DUMAI (MR) - Pemerintah Kota (Pemko) Dumai, melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia dan Hari Guru Nasional (HUT PGRI-HGN) yang ke 76 di lapangan HR Subrantas (29/11).

Pada kegiatan ini, Walikota Kota Dumai, H.Paisal S.KM Mars, Bertindak selaku Inspektur Upacara.

Selain Kepala Sekolah dan Guru-guru se Kota Dumai dari berbagai tingkat, turut juga hadir perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta pejabat di lingkungan pemerintah Kota Dumai.

H.Paisal pada amanatnya turut membacakan sambutan dari Ketua Umum PGRI Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd.

Ia menyampaikan, PGRI sebagai organisasi profesi organisasi perjuangan dan organisasi ketenagakerjaan yang bersifat independen unitaristik dan non partisan senantiasa terus dijaga.

Walikota menambahkan, PGRI sebagai organisasi profesi merupakan kekuatan moral intelektual para guru pendidik dan tenaga kependidikan dan terus  menjaga kemitraan yang strategis dengan pemerintah dan pemerintah daerah serta menjadi saluran aspirasi para anggotanya dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Diakhir sambutannya, Unifah melalui Walikota Dumai mengucapkan selamat hari PGRI-HGN yang ke 76.

"Jadikan PGRI sebagai rumah belajar dan rumah yang nyaman bagi semua anggotanya. Akhirnya saya mengucapkan selamat hari PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2021 dan kepada para guru di seluruh tanah air, semoga dedikasi dan pengabdian kita menjadi suluh penerang bagi bangsa negara dan kemanusiaan serta sebagai ibadah kepada Allah SWT," Tutupnya.

Pada kesempatan ini juga, turut serta dilakukan Penyerahan hadiah bagi Pemenang Lomba Olahraga dan seni Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia dan Hari Guru Nasional Tingkat Provinsi Riau

Serta, Penyerahan bantuan Sembako untuk 10 Panti Asuhan di Kota Dumai.

Upacara pun ditutup dengan menampilkan pagelaran tari zapin yang dipersembahkan oleh para siswi yang berasal dari SMP/Sederajat se Kota Dumai dan Penampilan Senam Paud yang dibawakan oleh Perwakilan Paud yang ada di Kota Dumai.


Ziarah Makam Pahlawan

Setelah melaksanakan upacara memperingati HUT PGRI-HGN yang ke 76 di Halaman Walikota Lama, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai kembali melanjutkan rangkaian kegiatan tersebut.

Rombongan perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai Bersama perwakilan guru-guru se Kota Dumai menziarahi Taman Makam Pahlawan yang terletak di Kelurahan Bagan Besar.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai Yusmanidar S.Sos memimpin langsung kegiatan ziarah ini.

Diawali dengan mengheningkan cipta dan berdoa untuk para arwah para pahlawan, mewakili para hadirin, Yusmanidar pun melanjutkan kegiatan ini dengan meletakkan karangan bunga.

Lalu, rombongan ini pun melaksanakan prosesi tabur bunga ke beberapa kuburan para pahlawan yang ada di sana.

Yusmanidar kepada awak media mengatakan, Proses tabur bunga ini merupakan sebagai bentuk pengingat akan jasa pahlawan dan sebagai ucapan terima kasih atas apa yang sudah mereka berikan terhadap bangsa ini.

"Tanpa jasa para pahlawan, kita tidak akan bisa menikmati apa yang ada saat ini, kemerdekaan yang diraih pada saat ini adalah berkat cucuran keringat dan darah dari mereka, mari kita jaga persatuan bangsa dan mari terus kita ciptakan kondisi yang aman dan damai sentosa sebagai wujud syukur dan ucapan terima kasih kita atas dedikasi yang sudah para pahlawan berikan kepada kita," Ucapnya. (ADVETORIAL)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan