Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital

Pesan Kadiskominfo Dumai Untuk Generasi Muda

DUMAI (MR) - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kota Dumai, Drs. H. Khairil Adli, M.Si bertindak sebagai Keynote Speaker dalam Acara Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital Provinsi Riau 2021, Sabtu (25/09/2021).

Webinar yang mengangkat tema Strategi Pemerintah Memantau Ruang Diskusi Publik Dunia Digital, dilaksanakan secara Daring via Zoom dan secara Luring untuk 50 peserta bertempat di Hotel Grand Zuri, Kota Dumai.

Bertindak sebagai narasumber pada webinar kali ini yaitu Robby Kurniawan (Ketua Forum Literasi Digital Provinsi Riau), Soni Fajar Mahmud (praktisi akademisi Kota Dumai), Ariandi Putra (CEO Danendra Digital Technology), dipandu oleh Moderator, Eni Mawati Hulu (Penggiat Literasi).

Kadiskominfo Dumai mengungkapkan, Dumai diusianya yang ke 22 Tahun telah terjadi perubahan diberbagai sektor, khususnya dibidang teknologi yang pastinya mempengaruhi perilaku dan keseharian masyarakat.

"Kita tidak bisa menafikkan, transformasi digital telah menggeser tatanan cara hidup yang lengket dengan teknologi dan dilengkapi dengan internet. Namun, di balik kemudahan tersebut, keamanan digital merupakan ancaman yang perlu diwaspadai," ungkapnya.

Ia menjelaskan, Keamanan digital bukan berarti hanya mengamankan data dan informasi pribadi, tapi juga perangkat digitalnya. Sebab, ragam ruang atau media diskusi virtual ini banyak sekali. Akses-akses ke ruang tersebut memiliki kesamaan yaitu rentan keamanan digital.

"Berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016, disebutkan bahwa kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan, penggunaan setiap informasi melalui media elektronik yang menyangkut data pribadi seseorang harus dilakukan atas persetujuan orang yang bersangkutan. Maka dari itu, kepada generasi muda, harus tanamkan di dalam diri untuk tidak mudah mengumbar informasi dan data pribadi di ruang publik digital dengan cara menerapkan BC2T (Bijak, Cerdas, Cermat, dan Tepat)," pesannya kepada peserta webinar.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan