Riau

Curah Hujan Tinggi, Pemkab Rohil Imbau Warganya Tetap Waspada

Bupati Rohil Afrizal Sintong, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial setempat saat meninjau lokasi banjir di Jalan Selamat. Foto: Wisman

ROHIL (MR) - Pemkab Rokan Hilir ingatkan warganya agar selalu berhati hati dan tetap waspada. Sebab diperkirakan hingga bulan Februari mendatang curah hujan di Kabupaten Rokan Hilir masih relatif tinggi.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong kepada awak media saat melakukan peninjauan warga terdampak banjir yang berlokasi di Jalan Selamat Kelurahan Bagan Timur Kecamatan Bangko, Jumat (14/1/2022). 

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang terdampak banjir hati hati, anak anak juga harus kita jaga jangan sampai terjadi hal hal yang tidak kita inginkan," kata bupati seraya mengingatkan.

Dalam kesempatan itu Pemkab Rokan Hilir juga mengimbau kepada warga membersihkan pekarangan rumah maupun saluran air (drainase) di depan rumahnya masing-masing serta tidak membuang sampah secara sembarangan di drainase maupun kanal-kanal agar air dapat berjalan dengan lancar.

Dalam kesempatan itu Bupati Afrizal Sintong didampingi Wakil Bupati H Sulaiman, SS.MH beserta Ketua PKK Rokan Hilir Sanimar, S.Pd turut mebagikan sembako sebanyak 2020 paket kepada warga terdampak banjir dengan cara door to door.

Warga Jalan Selamat Kelurahan Bagan Timur tampak sumringah dan merasa senang ketika mendapatkan kunjungan orang nomor satu di Kabupaten Rokan Hilir,  kemudian menyempatkan diri menyapa warganya satu persatu.

"Iya bang, ini sudah agak mendingan bang. Kemarin air tinggi kali bang, sampai batas lutut kita ingi bang, sukur jugak la awak bang, pak bupati ama pak wakil  udah datang nengok kami di sini,"  katanya seraya menunjukkan beberapa warga yang terendam banjir.

Selain melakukan peninjauan banjir di Jalan Selamat, Pemkab Rokan Hilir hari ini, Sabtu (15/1/2022) petang dijadwalkan akan meninjau pemukiman warga terdampak banjir di lokasi lainnya  di Jalan Siak Kelurhan Bagan Timur.

Untuk mengantisipasi banjir di Bagansiapiapi Kota Kecamatan Bangko, Pemkab Rokan Hilir akan membuat benteng pertahanan dengan mengerahkan alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) agar air dari atas PT Diamon tidak lagi ke pemukiman masyarakat.

"Insya Allah satu atai dua minggu ini kita akan mempersiapkan alat berat untuk mengatasi banjir saat ini," pungkasnya. (Wisman)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan