Pendidikan

Kadisdikbud Dumai Tinjau Pelaksanaan Vaksin Anak di Enam SD

Kadisdikbud Dumai Hj. Yusmanidar didampingi Kabid SD Disdikbud Dumai Ali Ibnu Amar Tinjau Pelaksanaan Vaksin Anak usia 6-11 Tahun

DUMAI (MR) – Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar kegiatan sosialisasi dan meninjau pelaksanaan vaksin anak usia 6-11 tahun di sekolah, serta mengecek kesiapan vaksinasi anak, Rabu (19/1/2022).

Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Kota Dumai Ali Ibnu Amar SIP mengatakan peninjauan dilakukan ke sejumlah sekolah diantaranya SDN 011 Lubuk Gaung, SDN 003 Sukajadi, SDN 014 STDI, SDN 004 Mundam, SDN 007 Teluk Binjai dan SDN 007 Bagan Besar.

“Alhamdulillah kita sudah mulai melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Hari ini juga telah dilaksanakan vaksin di enam sekolah yang menyebar di tujuh kecamatan se-Kota Dumai. Saya bersama Bu Kadis dan Pak Sekretaris hari ini turun ke sekolah-sekolah bertujuan untuk meninjau kesiapan sekolah dalam melaksanakan vaksin anak kemudian sekolah harus melakukan sosialisasi kepada orangtua. Untuk pelaksanaan vaksin nantinya membawa surat persetujuan dari orangtua Kita mengharapkan anak-anak di Kota Dumai dan kami berharap anak-anak bisa mengikutinya dengan baik,” ujarnya.

Ali Ibnu Amar menjelaskan vaksin diberikan untuk anak ini telah mengacu kepada kebijakan pusat. Hal ini dilakukan untuk bisa menciptakan kekebalan tubuh bagi anak dari ancaman virus. Terlebih anak-anak sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka. Pelaksanaan vaksin di sekolah dikoordinir oleh masing-masing Polsek. Sebelum disuntik vaksin, anak-anak ini lebih dulu dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan vaksinasi aman. Adapun vaksin yang digunakan adalah dari jenis Sinovac.

”Melalui pemberian suntik vaksin anak ini diharapkan dapat mencegah sakit berat dan kematian pada anak yang terinfeksi. Mencegah penularan pada anggota keluarga dan saudaranya yang belum dapat divaksinasi atau yang mempunyai resiko terinfeksi. Mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka serta meminimalisasi penularan virus di sekolah serta bertujuan mempercepat tercapainya herd immunity,” harapnya.

Lebih jauh, Ali Ibnu Amar mengimbau seluruh kepala sekolah SD supaya dapat melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada orangtua dan murid terkait pemberian vaksin mencegah penyebaran Covid-19 tersebut.

”Saya berpesan tetaplah menjaga protokol kesehatan dimana saja berada dan jangan lengah apalagi abai memakai masker. Marilah bersama kita mendukung program percepatan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini untuk kondisi kesehatan yang kembali membaik kedepannya,” pungkas Kabid.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan