Sport

Balita di Dumai Meninggal Dunia Diduga Tertular HIV/AIDS dari Ibunya

Ilustrasi

DUMAI (MR) - Penyebaran HIV/AIDS di Kota Dumai, Riau, semakin tak terbendung lagi. Buktinya, seorang balita (bawah lima tahun) meninggal dunia, pada Sabtu, 14 Januari 2017 lalu. 

Hal itu dikatakan Pengelola Program Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Dumai Rudi Samson di sela-sela sosialisasi HIV/AIDS di Hotel Super Star Jalan Sultan Hasanuddin (Jalan Ombak).

"Penyebab balita perempuan berusia tiga tahun meninggal dunia karena penyakit diare dan tuberkulosis. Dimana memang sebelumnya sudah terinfeksi AIDS dari sang ibu," ungkapnya, Selasa (17/1/2017).

Balita ini meninggal dunia dengan berat 5 kilogram, dikatakannya. Ibunya sendiri sudah terinfeksi HIV dan pihaknya tidak mengetahui dari mana penyebaran virus mematikan tersebut.

"Bapak dari sang anak meninggal dunia pada Februari 2015 lalu. Kita pun belum sempat mendeteksi apakah HIV/AIDS yang tertular dari ibu ke anak, sumbernya orangtuannya sendiri, karena sudah lebih dulu meninggal dunia," bebernya.

Data KPA Dumai bersumber dari Dinas Kesehatan Dumai. Sejak 2006 sampai 2016 sudah 341 orang terjangkit HIV dan 206 orang terjangkit AIDS.

"Untuk yang hidup saat ini, orang yang terinfeksi HIV sebanyak 188 orang dan AIDS sebanyak 91 orang. Untuk itu pemeriksaan VCT (voluntary conseling and testing) sangat dianjurkan bagi siapa saja di puskesmas yang ada di Dumai," jelasnya.

Tuberkulosis atau yang disingkat TB, merupakan penyakit menular yang umum dan dalam banyak kasus bersifat mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai strain mikobakteria, umumnya mycobacterium tuberculosis. Tuberkulosis biasanya menyerang paru-paru, namun juga bisa berdampak pada bagian tubuh lainnya.*** (goriau)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan