Riau

Edwin Pratama Putra menyebut DBH Sawit Mampu Meningkatkan dan Menggerakan Perekonomian

KAMPAR (MR) - Anggota DPD/MPR RI dapil Riau Edwin Pratama Putra menyebut penurunan APBD Riau terjadi akibat berkurangnya Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).
 
saat rapat kerja Komite IV DPD RI bersama Kementerian Keuangan membahas postur dan kebijakan TKDD APBN Tahun Anggaran 2022 dan penjelasan terkait realisasi sementara APBN Tahun 2021.
 
Dalam kesempatan itu, Edwin mengingatkan Ibu Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani terkait Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit bagi Provinsi Riau. Karena DBH Sawit ini diharapkan mampu sebagai penyokong ekonomi di Provinsi Riau dan 21 Provinsi penghasil lainnya.
 
Melalui Undang-undang Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah (HKPD), Provinsi Riau dan 21 Provinsi penghasil sawit lainnya berhak mendapatkan DBH Sawit seperti yang tercantum dalam pasal 123 UU HKPD.
 
Apalagi semenjak pandemi Covid-19 melanda, APBD Provinsi Riau mengalami penurunan yang sangat signifikan. Hal ini tentu membuat pembangunan juga menurun. 
 
"InsyaAllah kita DPD RI akan mengawasi dan mendorong DBH Sawit agar mampu meningkatkan dan menggerakan perekonomian di Provinsi Riau," kata Edwin Jumat, 28 Januari 2022
 
Apalagi sebagai provinsi dengan komoditas sawit yang besar, tentu adanya DBH sawit akan menjadi peluang Provinsi Riau menjadi provinsi yang lebih maju.
 
Sebagai provinsi penghasil kelapa sawit, Edwin menyarankan kepada pemerintah provinsi untuk membuat kajian seperti apa idealnya perhitungan DBH perkebunan kelapa sawit yang ada di Provinsi Riau.
 
“Kalau kita hitung itu pertahunnya 200 sampai 300 triliun transaksi CPO kita, bayangkan seandainya bisa masuk ke daerah,” kata edwin
 
“Skema yang seperti apa, berapa persen yang kita harapkan dari Dana Bagi Hasil (DBH) kelapa sawit ini,” imbuhnya lagi.
 
Edwin menilai setelah di evaluasi Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDPKS) kelapa sawit selama ini tidak bisa menjawab kerugian daerah dari hasil perkebunan kelapa sawit tersebut. (***)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan