Riau

Rakerwil & Pelantikan ALPPIND 2022-2027

Pengurus ALPPIND Provinsi Riau Periode 2020 -2025

PEKANBARU (MR) - Dalam rangka evaluasi dan penyusunan program di masa yang akan datang, Pengurus Wilayah Aliansi Perempuan Peduli Indonesia (PW ALPPIND) Propinsi Riau menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di Hotel Ayola Pekanbaru (30/01/2022).

Bersamaan dengan Rakerwil ini, diselenggarakan pula pelantikan Pengurus Daerah Kota Pekanbaru dengan Ibu Romawati, M.Pd sebagai ketua.

Hadir saat pelantikan Ketua BKOW Provinsi Riau yang diwakili oleh Ibu Dra. Hj. Rosmawati, Apt, M.Si, dan beberapa utusan dari organisasi perempuan yaitu Dian Kemala, Al Hidayah, Muslimat Al Washliyah, dan Salimah Riau.

Dalam sambutannya Ibu Dra. Hj. Rosmawati, Apt, M.Si menjelaskan pengurus ormas ini harus siap berkontribusi baik dalam bentuk tenaga, fikiran, waktu, maupun uang. Harapannya Rakerwil ini akan menghasilkan program kerja yang membawa kecemerlangan bagi kaum perempuan sesuai dengan Visi dan Misi ALPPIND.

“Perempuan memiliki berbagai kelebihan yaitu cerdas, rajin, hemat, sabar, detail, dan perfect. Selain itu, dari sisi komposisi jumlah penduduk, perempuan lebih dominan yang berarti akan dapat berbuat lebih banyak di berbagai sektor penting” ungkap beliau.

Dikesempatan yang sama Ketua PW ALPPIND Riau, Nurlasera, SE. M.Si mengatakan, perjuangan ALPPIND sebagai bagian dari gerakan perempuan Indonesia menghadapi kompleksitas masalah seiring dengan perubahan zaman, tantangan global, dan dekadensi moral harus dihadapi dengan perjuangan yang tidak kenal henti bersama komponen bangsa yang lain ikut melaksanakan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya serta mengembangkan kemampuan manusia agar bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia sesuai visi organisasi.

Adapun Visi ALPPIND adalah perekat persaudaraan dan berkontribusi dalam membangun Indonesia yang bermartabat berbasis nilai agama dan budaya. Ikut menyemangati para pengurus, Ketua Umum ALPPIND Hj. Atifah Hasan, Lc menyampaikan melalui rekaman video bahwa ALPPIND diharapkan menjadi washilah beramal soleh untuk umat, bangsa, dan Negara.

Pendirian dan latar belakang ALPPIND sendiri berdasarkan Keputusan Menkumham RI Nomor AHU - 0005198.AH.01.07 tahun 2018 ditetapkan di Jakarta 17 April 2018.

Fokus utama ALPPIND sendiri adalah penguatan keluarga dalam pembangunan nasional karena peran keluarga tidak dapat dikesampingkan dalam pembentukan SDM bangsa dan negara baik itu sisi sosial, agama dan budaya.

Pembahasan Rakerwil diawali dari pemaparan masing-masing bidang terkait pencapaian rencana yang telah disusun tahun sebelumnya.

Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan bidang pendidikan dan keumatan meliputi peduli bencana, Ramadhan Gemilang 1442 H (berbagi takjil, buku saku, kajian dhuha), Rumah Sedekah ALPPIND (RSA).

Bidang ketahanan keluarga telah melaksanakan kegiatan berbagi sembako pada perempuan penyapu jalanan dan melaunching Rumah Cinta ALPPIND (RCA) Sakinah dengan agenda utama edukasi, kreatifitas bagi anak-anak dan membuka konsultasi bagi perempuan.

Tidak hanya kegiatan offline, bidang ketahanan keluarga ALPPIND Riau juga memiliki banyak kegiatan online berupa webinar berseri (kelas parenting) yang diawali dari kulwap anger management.

Bidang sosial ekonomi berusaha menggarap para pemilik UMKM melalui kegiatan webinar “Ekonomi dan UMKM Tangguh di Masa Pandemi”.

Bidang Politik, Hukum dan Literasi Kebudayaan telah melaksanakan webinar kepemimpinan dan Bidang kemitraan dan kerjasama juga telah berupaya menjalin kemitraan dengan beberapa instansi, organisasi dan komunitas yang ada di Pekanbaru.

Beberapa rekomendasi program untuk tahun 2022 ini yaitu Rumah Cinta ALLPIND (RSA), Rumah Sedekah ALPPIND (RCA), program Ramadhan, Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mahasiswa.

Harapannya ALPPIND semakin berkembang dengan memiliki Pengurus Daerah di kota/kabupaten lainnya di wilayah provinsi Riau serta bisa merealisasikan rencana program tahun 2022 secara maksimal.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan