Politik

Dani M Nursalam, Sosok Dibalik Euforia Pembangunan Jalan Provinsi Riau di Kabupaten Inhil

TEMBILAHAN (MR) - Jalan berlubang dipenuhi air yang menggenang kini tak lagi menjadi pemandangan umum masyarakat Sungai Beringin, Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir. 

Lalu lintas yang rawan kecelakaan akibat kerusakan jalan pun telah jarang terdengar. Hanya hitamnya aspal yang tampak di sepanjang mata memandang, menandakan ruas jalan tersebut telah mulus berkat adanya pembangunan. 

Jalan Sungai Beringin Tembilahan, hanya satu dari beberapa ruas jalan kewenangan Pemerintah Provinsi Riau yang telah dibangun. Selain jalan Sungai Beringin, baru - baru ini ada pula ruas jalan yang melintas di sepanjang Desa Nusantara Jaya, Kecamatan Keritang yang juga telah beraspal. 

Apresiasi dan pujian akan kinerja pembangunan jalan tak dapat dibendung. Seperti halnya dikemukakan oleh Kepala Desa Nusantara Jaya, Samsul Muarif yang begitu senang karena telah dibangun jalan yang melintasi desanya. 

Bagaimana tidak, jalan tersebut diketahui merupakan 'urat nadi' masyarakat setempat untuk mengangkut hasil pertanian. Akses transportasi antar kecamatan maupun menuju ibu kota kabupaten juga kian terbuka dan tak terhalang oleh kerusakan parah jalan itu dengan dilaksanakannya pembangunan. 

"Saya atas nama Pemerintah desa Nusantara Jaya mengucapkan terima kasih tak terhingga. Dengan diperbaikinya jalan ini maka desa kami akan ramai dikunjungi oleh masyarakat dan merupakan jalan pelintasan antar kecamatan dan kabupaten sehingga kami berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat disini," begitu tutur Samsul beberapa waktu lalu. 

Belum lagi, rencana penyelesaian pembangunan 9 ruas jalan di Kabupaten Indragiri Hilir oleh Pemerintah Provinsi Riau. Jika, seluruh ruas jalan tersebut selesai, maka terdapat sekitar 345 kilometer ruas jalan Provinsi Riau yang akan dapat dinikmati masyarakat. 

Di tengah euforia pembangunan jalan dari hulu hingga ke hilir Kabupaten Indragiri Hilir, terdapat satu nama yang diketahui bergerak dari satu desa ke desa lain, dari satu wilayah ke wilayah lain untuk menjemput aspirasi pembangunan, mengusulkannya kepada Pemerintah Provinsi Riau dan berjuang mengawal pembangunan hingga selesai. Dia adalah H Dani M Nursalam, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau. 

Seakan tak kenal lelah, sosok H Dani hadir di tengah masyarakat dan tiada henti menyerap usulan pembangunan, terutama infrastruktur jalan. Alhasil, sejumlah ruas jalan pun berhasil dibangun sejak tahun 2020 silam, pada masa awal Dirinya menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Riau. 

H Dani mengatakan, upaya mendorong pembangunan infrastruktur, khususnya jalan adalah salah satu pemenuhan janji dan amanah dari masyarakat Kabupaten Inhil. 

Di samping itu, diungkapkan H Dani, pembangunan jalan diharapkan dapat menciptakan geliat ekonomi masyarakat yang akan berdampak terhadap daerah. 

"Selain akses di daerah, ekonomi juga menjadi concern kita dalam menentukan lokasi pembangunan jalan ini. Begitu pula, usulan-usulan dari masyarakat yang kita akomodir saat reses," kata H Dani yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV (Empat) DPRD Provinsi Riau. 

H Dani menjelaskan, pengajuan usulan pembangunan jalan dari DPRD Provinsi Riau ke Pemerintah Provinsi Riau adalah jalan panjang yang harus ditempuh. Usulan di level masyarakat harus diteruskan ke Pemerintah Provinsi Riau. Setelahnya, tugas Anggota DPRD Provinsi adalah mengawal usulan tersebut. 

"Di level pemerintah, usulan masyarakat akan dikaji. Lalu, usulan tersebut akan dibahas bersama DPRD. Di tahap ini lah kami selaku wakil rakyat berupaya agar usulan masyarakat itu dapat diterima, dianggarkan hingga direalisasikan pembangunannya," jelas H Dani sekilas. 

H Dani berharap, Dirinya dapat terus berjuang mengupayakan pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Indragiri Hilir. Dia juga meminta, masyarakat dapat tetap berpartisipasi dalam mengusulkan pembangunan demi kemajuan daerah. 

"Pembangunan yang telah selesai kita syukuri. Pembangunan yang belum rampung, kita akan upayakan. Begitu juga dengan ruas jalan yang sama sekali belum tersentuh pembangunan," pungkas H Dani. 

Berikut ruas jalan wewenang Pemerintah Provinsi Riau yang akan diupayakan pembangunan dan penyelesaiannya: 

1. Tembilahan - Simpang Kuala Saka 

2. Simpang Kuala Saka - Khairiah Mandah 

3. Simpang Kuala Saka - Teluk Lanjut - Sei. Guntung 

4. Tembilahan - Enok 

5. Enok - Batas Jambi 

6. Selensen - Kota Baru - Bagan Jaya 

7. Sei. Luar - Teluk Pinang - Kuala Gaung 

8. Kuala Cenaku - Batas Inhil - Rumbai Jaya 

9. Pekan Heran - Pelor - Mumpa




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan