Riau

Forum Anak Kampar Gelar Bakti Sosial dan Penertiban Adiministrasi Kependudukan

BANGKINANG (MR) - Dalam rangka menyambut dan memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Kampar ke-72, Forum Anak Kabupaten Kampar (Fakar) melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dan Penertiban dan Penerbitan Administrasi Kependudukan, Kamis (3/2/2022).
 
Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan kali ini meliputi pelayanan kesehatan umum, cek tensi/HB, donor darah, vaksinasi Covid 1, 2 dan booster. Sedangkan kegiatan penerbitan dan penertiban administrasi kependudukan meliputi penerbitan kartu identitas anak, akte kelahiran/kematian, perekaman dan pencetakan KTP, serta penerbitan kartu keluarga (KK).
 
Kegiatan ini terlaksana karena adanya kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, diantaranya Kompi Kavaleri 6/RBT, Pemerintah Kecamatan Siak Hulu, Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Kampar, Pengurus Ranting Ikatan Bidan Indonesia Kecamatan Siak Hulu I, dan Rumah Sakit Mesra Pekanbaru.
 
Komandan Kompi Kavaleri 6/RBT, Kapten Kav Gilang Abriawan, menyampaikan, secara wilayah, operasi Kompi Kavaleri 6/RBT memang bertugas untuk melaksanakan operasi pengamanan objek vital dan pengamanan VIP/VIP terutama di Kota Pekanbaru. Akan tetapi, secara wilayah administrasi dalam pemerintahan, markas Kompi ini masuk dalam Kabupaten Kampar. "Maka sebagai bagian dari masyarakat Kampar, kami selaku jajaran Kompi Kavaleri 6/Rajawali Bhakti Tama, turut berbangga karena kami dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini, dengan cara menyediakan tempat dan sumber daya agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar," ujar Gilang. 
 
Camat Siak Hulu Rahmat Fajri menyampaikan, pihak kecamatan menyambut baik dan sangat mendukung adanya kegiatan ini, terutama dalam hal penyelesaian administrasi kependudukan. "Dimana kami memang menyadari masih banyak dari masyarakat kita yang masih peduli dan tertib dalam hal administrasi kependudukan ini. Kami juga menyadari, bahwa pelayan petugas yang standby di kecamatan juga tidak semaksimal petugas langsung dari Kabupaten dalam hal ini Dinas Dukcapil," terang Rahmat Fajri. 
 
 
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muslim mengatakan, kegiatan merupakan wujud dukungan Disdukcapil Kampar terhadap program Pemerintah Kabupaten Kampar, yakni menjadikan Kabupaten Kampar sebagai kabupaten yang layak anak, dimana dalam satu kategori penilaiannya adalah adanya partisipasi anak (Forum Anak) dalam perencanaan dan pembangunan, serta tentang seberapa banyak kepemilikan kartu identitas dan akte kelahiran bagi anak. "Alasan mengapa kami melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Siak Hulu ini adalah kami merespon baik, usulan yang disampaikan oleh Forum Anak Kabupaten Kampar. Dimana Siak Hulu termasuk kecamatan yang luas dengan jumlah 12 desa/keseluruhan," beber Muslim. 
 
Selanjutnya jarak tempuh yang dibutuhkan untuk masyarakat mengurus administrasi kependudukan ke pusat kota, jaraknya cukup jauh. Serta jika dilihat dari posisi geografis wilayahnya Siak Hulu ini lebih dekat dan berbatasan dengan Kota Pekanbaru dan dari keadaan di lapangan, lebih banyak masyarakat yang tinggal di wilayah Kabupaten Kampar/Kecamatan Siak Hulu yang lebih memilih menjadi masyarakat Kota Pekanbaru. 
 
"Maka untuk meminimalisir hal tersebut, Siak Hulu lah yang pada kegiatan ini dipilih menjadi tempat pelaksanaan kegiatan ini," ulasnya. 
 
Selanjutnya Muslim menegaskan, kepemilikan akan KIA, AKTA, KK dan KTP merupakan hal yang sangat penting. Karena saat ini segala jenis pelayanan publik membutuhkan dokumen kependudukan, baik fotocopy maupun asli. "Terakhir, perlu saya sampaikan dan tekankan kepada masyarakat sekalian bahwa seluruh pelayanan hari ini adalah Gratis. Tidak dipungut biaya sepeserpun," tegasnya.(Rls)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan