Riau

Tiga Desa Terisolir di Rohul Akan Dipasang Jaringan Baru

Ilustrasi pemasangan listrik desa.

PASIRPANGARAIAN (MR) - Manager PT PLN Rayon Pasirpangaraian, David Sibarani, mengatakan PLN akan memasang jaringan baru Listrik Desa (Lisdes) di tiga desa terisolir di Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Tiga desa tersebut diantaranya Desa Cipang Kiri, Cipang Kanan dan Timbawan.

"Sedangkan untuk di Desa Cipang Kanan diambil alih PLN Area Bukittinggi Sumatera Barat, karena jarak desa ini sangat jauh dari area kita (Rayon Pasirpangaraian)," ujar David di Pasirpangaraian, Kamis (19/1/17).

Selain pemasangan jaringan baru listrik di tiga desa, PT PLN Wilayah Riau Kepulauan Riau (WRKR), jika pihaknya juga fokus di gardu induk (GI) terletak di Kumu Desa Rambah Kecamatan Rambah Hilir.

Di awal 2017, realisasi GI Kumu diperkirakan sekitar 98 persen. Pihak PLN sendiri masih mengalami kendala untuk pemasangan jaringan transmisi atau saluran udara tegangan tinggi (SUTT) di beberapa titik, sebab belum ada kesepakatan dengan warga soal ganti rugi lahan.

"Kendala di pemasangan jaringan ada di empat titik. Belum ada kesepakatan harga dengan pemilik lahan, dan dua titik lagi belum ketemu dengan yang punya lahan,"ungkap David.

Untuk masalah harga pembebasan lahan warga, diakui David, pihak PLN sudah berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan untuk negosiasi ke pemilik lahan, sehingga ketemu kesepakatan bersama, dan GI Kumu yang interkoneksi se-Sumatera segera bisa difungsikan.

"Untuk PLN Rayon Pasirpangaraian sudah suport GI sebesar 30 MVA, sudah cukup meng-cover Rokan Hulu. Kita juga ada penambahan mesin PLTD sebesar 15 MW di Tanjung Belit," tandas David Sibarani.***(riauterkini)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan