Riau

Musrenbang Tingkat Kecamatan Pasir Limau Kapas Digelar

Musrenbang Tahun 2023 di Kantor Camat Palika, Jalan Bundaran Panipahan Darat. Foto: Wisman

PANIPAHAN (MR) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), digelar di Aula Kantor Camat Palika, Senin (14/02/2022).

Musrenbang tersebut dibuka secara resmi oleh Camat Pasir Lumau Kapas Budi Irawan, SE dihadiri sebanyak 14 pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), unsur forkopimca, para datuk penghulu, tokoh masyarakat dan insan pers.

Dalam laporannya Camat Palika Budi Irwan mengatakan musrenbang merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah berdasarkan ketentuan amanat undang-undang.

Musrenbang dilaksanakan sesuai kebutuhan sebagaimana dituangkan dalam RPJMDes/RPJMKel untuk melakukan apa-apa yang akan dilaksanakan terhadap suatu daerah sesuai dengan potensi lokal daerah tersebut.

Budi Irwan meminta kepada para Penghulu dan Lurah agar dapat menyampaikan apa saja yang menjadi rencana desa dan apa saja yang menjadi perencanaan pembangunan desa kepada Pemerintah Daerah, agar nantinya apa yang direncanakan dari masing masing desa berguna dan bermanfaat bagi masyarakat, baik secara finansial maupun ekonomi.

Camat lebih jauh memaparkan, musrenbang desa maupun kecamatan sangat penting untuk melaksanakan pembangunan sesuai dengan potensi desa tersebut. Apalagi, desa di Kecamatan Palika geografisnya sangat berbeda dari kecamatan lain di Kabupaten Rokan Hilir. 

Sehingga biaya pembangunan di Kecamatan Palika juga sangat berbeda dengan kecamatan maupun desa lainnya. Hal itu disebabkan oleh geografisnya berada di ujung kabupaten diapit oleh perairan dan Provinsi Sumatera Utara.

"Kami bersama para datuk penghulu sepakat agar usulan kami ini benar benar diterima oleh pemerintah daerah, sehinga nantinya kami dapat menjawab pertanyaan pertanyaan dari masyarakat terkait program pembangunan yang akan dilaksanakan Pemkab Rohil di Kecamatan Pasir Limau Kapas," katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Insfratruktur dan wilayah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aulia Putra, ST selaku koordinator, melalui musrenbang menyampaikan program pembangunan Tahun 2023. Sebab, katanya musrenbang harus dilaksanakan sesuai dengan amanat undang undang.

Menurut Aulia musrenbang tahun lalu tidak dapat dilaksanakan disebabkan virus COVID-19 yang mewabah secara nasional maupun dunia sehingga musrenbang baru dapat dilaksanakan kembali pada tahun ini.

Untuk itu Aulia meminta kepada para datuk penghulu/lurah Kecamatan Palika agar usulan usulan pembangunan yang pernah diusulkan sebelumnya sebaiknya itu dapat di susulkan kembali.  Sehingga usulan tersebut nantinya dapat terealisasi.

Aulia juga mengatakan kepada seluruh datuk penghulu agar tidak ragu-ragu untuk menyampaikan usulan usulan kepada setiap dinas di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemkab Rohil yang mempunyai program dana untuk dimasukkan ke masing masing desa.

Sebab kata Aulia Putra, lagi menambahkan, dana pembangunan tidak hanya bersumber dari APBD saja, melainkan juga ada dana dari Pemerintah Provinsi, maupun dari pemerintah pusat seperti Dana Alokasi Khusus (DAK) dan dana lainnya yang bersumber dari Anggran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Saya berharap agar para penghulu  tidak ragu-ragu untuk menyampaikan usulan-usulan kepada setiap dinas yang ada yang mempunyai program sehingga nantinya dana tersebut untuk dimasukkan ke masing masing desa," katanya.

Adapun 14 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Rohil yang menerima usulan pembangunan sarana dan prasarana diantaranya adalah Dinas PUTR, Dinas Perkim.

Kemudian, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dispora, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perkebunan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perhunungan, Dinas Perikanan dan lainnya. (Wisman)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan