Riau

Walikota Dumai Launcing Aplikasi Si-LAWO, Ini Penjelasannya

Foto bersama usai launching aplikasi Si-LAWO. Foto: Diskominfotik

DUMAI (MR) - Walikota Dumai H. Paisal, SKM, MARS menghadiri acara Launching Sistem Layanan Adminduk Warga Secara Online (Si-LAWO) bertempat di Balai Sri Bunga Tanjung, Rabu (16/2/2022).

Launching yang digelar oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai, dihadiri oleh 200an peserta yang terdiri dari Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Dumai, Camat, Lurah, serta RT dan LPMK se Kota Dumai.

Acara diawali dengan Tari Persembahan yang dibawa oleh Siswi SMP N 2 Dumai binaan Hj. Saidatun Syabibah, pembacaan doa yang dipandu oleh Kurniawan, dilanjutkan dengan sambutan Kadisdukcapil Kota Dumai Suardi, S.Sy.

Dalam sambutannya, Suardi menyampaikan bahwa Si-LAWO merupakan replikasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) Dukcapil go digital dari Padang Pariaman dan pada saat ini Disduckapil Kota Dumai telah melaksanakan bimtek dan sosialisasi kepada operator kelurahan, kecamatan, RSUD dan Disduk Kota Dumai  

"Alhamdulillah kita juga telah melaksanakan uji coba disetiap kelurahan, kecamatan, RSUD. Dalam uji coba tersebut berjalan sangat lancar," ucapnya.

Ia mengungkapkan, 200 dokumen kependudukan di 20 kelurahan, 7 kecamatan dan RSUD telah di uji coba dan sejauh ini aplikasi silawo sudah bisa dilaksanakan dan dinikmati oleh masyarakat Kota Dumai. 

Acara selanjutnya yaitu penayangan video pengenalan dan penggunaan aplikasi, video sosialisasi, dan video uji coba Si-LAWO. Dilanjutkan dengan sambutan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE, MM.

Wali Kota Dumai H. Paisal dalam sambutan dan arahannya sebelum melaunching Si-LAWO mengapresiasi upaya Disdukcapil Kota Dumai yang telah meluncurkan SPBE yang disebut dengan aplikasi SiLAWO untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, peningkatan pelayanan masyarakat yang tidak berbelit, efisien dan efektif, pemangkasan birokrasi pelayanan dan memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat.

"Dengan aplikasi Si-LAWO ini, masyarakat dapat melakukan pengurusan adminduk seperti KK, KTP, Surat Pindah, KIA, Akte kelahiran, akte kematian cukup melalui smartphone, atau komputer. Dan SiLAWO ini bisa diakses dimana saja, tanpa batasan tempat dan waktu," tuturnya.

Pada kesempatan ini, H. Paisal mengajak kepada hadirin dan masyarakat Kota Dumai pada umumnya agar dapat memanfaatkan aplikasi Si-LAWO.

"Mari manfaatkan aplikasi ini sebaik mungkin agar masyarakat lebih mudah memperoleh dokumen kependudukan dan tertib administrasi kependudukan," tutupnya.

Launching Si-LAWO ditandai dengan pemukulan Gong oleh Wali Kota Dumai didampingi Bupati Padang Pariaman, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Riau atau yang mewakili, Forkopimda Kota Dumai, Sekretaris Daerah Kota Dumai, Ketua Lembaga Adat Melayu Riau Dumai, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Padang Pariaman, serta Bapak dan Ibu Kepela Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil se Provinsi Riau.

Acara dilanjutkan dengan demo aplikasi Si-Lawo, penyerahan dokumen adminduk hasil demo aplikasi Si-LAWO yang diserahkan oleh Wali Kota Dumai kepada perwakilan masyarakat, Camat, dan Lurah, serta penyerahan buku panduan penggunaan aplikasi Si Lawo kepada perwakilan Camat dan Lurah.

Pada kesempatan ini juga, Wali Kota Dumai dan Bupati Padang Pariaman saling memberikan cendera mata sebagai tanda kerja sama dan eratnya jalinan silaturahmi antara kedua daerah. (Rls) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan