Ekonomi

Kabid IKP Buka Secara Resmi Pelatihan dan Lomba Produk Usaha Menggunakan Smartphone

Kabid IKP Diskominfo Dumai Muhammad Sadam saat membuka kegiatan pelatihan

DUMAI (MR) - Perkumpulan Mitra Usaha Dumai (PMUD) menggelar Pelatihan dan Lomba Foto Produk Usaha Menggunakan Smart Phone, yang dilaksanakan di Grand Zuri Hotel, Minggu (20/2).

Mewakili Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotik) Kota Dumai, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfotik Kota Dumai , Muhammad Saddam, S,STP, M.IP membuka kegiatan tersebut secara resmi.

Dalam sambutannya, Saddam mengapresiasi kegiatan yang diikuti oleh 30 pelaku UMKM di Kota Dumai.

Menurutnya, dewasa ini UMKM memerlukan sarana promosi dalam pemasaran produk yang dihasilkan. Setiap produk harus memiliki unique selling point (nilai keunikan penjualan) agar diminati dan dibeli masyarakat, untuk itu diperlukan sarana penunjang berupa foto atau gambar dari produk yang dipasarkan.

“Pemerintah Kota Dumai tentunya mengapresiasi kegiatan ini, dengan adanya Pelatihan dan Lomba Foto Produk UMKM ini diharapkan pelaku UMKM semakin termotivasi sekaligus memiliki kemampuan dan wawasan dalam bidang fotografi untuk mendukung perkembangan usahanya," tutur Saddam.

Lanjutnya, packaging (kemasan) merupakan hal pertama yang dilihat dari konsumen saat akan membeli produk. "Maka dari itu diperlukan foto yang menarik agar konsumen tergiur untuk membelinya,” ujarnya.

Sebagai Kabid dibidang informasi, Saddam juga meyampaikan kepada peserta bahwa dari Bidang IKP sendiri memiliki salah satu program unggulan untuk mengembangkan dan memajukan UMKM yaitu Diskominfo Support UMKM Dumai.

"Alhamdulillah akun Instagram Diskominfo memiliki kurang lebih 14 ribu follower, ini merupakan pangsa pasar yang bagus untuk mengenalkan produk UMKM Dumai. Setiap minggunya akan ada beberapa UMKM yang kita l promosikan gratis. Jadi kepada para pelaku UMKM manfaatkan kesempatan baik untuk maju dan berkembang bersama. Persyaratan bisa di cek di Ig @diskominfo.dumai atau @diskominfosupportumkm," tutup Saddam.

Sebelumnya, Ketua PMUD Kota Dumai Anto Lebong mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kabid IKP, kemudian ucapan terima kasih kepada Ketua Panitia Dewi dan tim yang telah semangat menggagas kegiatan pelatihan perdana dari PMUD untuk pelaku UMKM Dumai.

"Alhamdulillah kawan-kawan disini antusias mendaftar dan mengikuti pelatihan ini. Semoga apa yang kita lakukan bisa memajukan UMKM Dumai sesuai dengan apa yang PMUD niatkan dan impikan," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa pelatihan dan lomba kali ini menyentuh sisi teknis dari kebutuhan para UMKM dalam pemasaran produk, yaitu foto produk.

Baginya, tampilan visual memang diperlukan bagi level UMKM untuk menarik perhatian konsumen. Jika foto-foto produk yang ditawarkan kurang menarik, maka akan berpengaruh pada jumlah pendapatan. 

"Itulah mengapa kami memberikan pelatihan ini kepada bapak-ibu pengusaha UMKM, khususnya yang masih belum memahami seluk-beluk dunia pemotretan melalui handphone," imbuh Anto.

Ia juga menyampaikan dalam waktu dekat, PMUD Dumai akan bekerja sama dengan ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Dumai mengadakan Pelatihan dan Lomba Pembuatan Selai Nenas.

"Kita yakin dan percaya Nenas Kota Dumai mempunyai kualitas terbaik dan bisa menjadi produk unggulan jika kita mengolahnya lebih baik. 

Terakhir, atas nama PMUD, Anto mengajak dunia usaha & OPD terkait untuk dapat bersinergi dengan PMUD. "Demi memajukan UMKM Dumai kita siap bersinergi untuk Kota Dumai tercinta," katanya.

Disisi lain, Dewi selaku Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan dan Lomba Foto Produk Usaha Menggunakan Smart Phone menyampaikan bahwasannya materi akan disampaikan oleh Sudiarno Tamba dari Pekanbaru, seorang konsultan pemasaran  PLUT-KUMKM Provinsi Riau, web developer, dan juga seorang internet marketer.

"Mengenai lomba foto, kita akan tentukan 8 nominasi dengan melihat hasil foto terbaik. Adapun hadiah untuk juara 1 akan mendapatkan 250.000 rupiah, juara 2 memperoleh 200.000 rupiah, juara 3 mendapatkan 150.000 rupiah dan Harapan 1 mendapatkan 100.000 rupiah. Ke 8 nominator juga akan mendapatkan goodiebag yang merupakan support dari pelaku UMKM Dumai," pungkasnya.

Turut hadir Kasi UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Dumai, Kasi Kemitraan IKP pada Bidang IKP Diskominfotiksan Kota Dumai.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan