Riau

Puncak Peringatan HPN dan Bulan K3 di Inhil Berlangsung Meriah dan Semarak

TEMBILAHAN (MR) - Puncak rangkaian kegiatan sempena peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berlangsung meriah dan semarak, Rabu 2 Maret 2022 sore.

Dipusatkan di Gedung Daerah Engku Kelana, Jalan Baharuddin Yusuf Tembilahan, kegiatan rutin tahunan untuk para wartawan ini disejalankan pula dengan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta pelantikan pengurus Persatuan Olahraga Domino Indonesia (Pordi) Kabupaten Inhil.

Tampak hadir Bupati Inhil HM Wardan, Unsur Forkopimda dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Inhil, perwakilan Organisasi Kemasyarakat dan Kepemudaan, perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau dan Kabupaten Inhil, Ketua Komisi V DPRD Riau, Ketua PWI Riau dan sekaligus Ketua Pordi Riau beserta Pengurus, Ketua TP PKK, Ketua Muslimat NU, Pimpinan Perbankan, BUMN, BUMD dan Perusahaan di Inhil, pengurus dan anggota PWI Inhil, serta sejumlah organisasi pers dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Achmad Mulyadi dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini mengusung tema penerapan budaya K3 pada setiap kegiatan usaha guna mendukung perlindungan tenaga kerja di era digitalisasi.

"Inhil masih terbatas informasi, baik itu yang seputar kecelakaan kerja dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tenaga kerja. Oleh karena itu, peran pers sangat besar terhadap penyebarluasan informasi yang berkaitan dengan keselamatan kerja ini," ujarnya.

Para pelaku dan pemilik usaha, lanjut Mulyadi, harus menomorsatukan perlindungan dan keselamatan terhadap tenaga kerja saat bekerja di lapangan.

"Terima kasih kepada insan pers yang telah mensupport kegiatan ini, ke depan yok kita sama-sama meningkatkan kepedulian terhadap perlindungan dan keselamatan tenaga kerja bagi kemajuan investasi di Inhil," ajak Mulyadi yang juga Ketua Pordi Inhil ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau diwakili Kepala Seksi (Kasi) Penegakkan Hukum (Gakkum), Syafrizal menyatakan bahwa perlindungan dan keselamatan kerja harus didukung oleh seluruh pihak, dalam upaya menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat terutama tenaga kerja.

"Di dunia kerja bagaimana membudayakan K3 ini agar karyawan sejahtera dan perlindungan dan keselamatan kerjanya juga terjamin. Jadi, harapan kami melalui momentum ini ada manfaat dan tindak lanjut kedepannya. Kami akan selalu melakukan pengawasan pelaksanaan peraturan perundang-undangan khususnya yang berkaitan dengan K3. Paling tidak kita bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja. Kalau bisa sampai tidak ada kecelakaan kerja lagi," katanya.

Sedangkan Ketua PWI Inhil, Ardiansyah mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi PWI Inhil kepada mitra strategis, yang nantinya diharapkan K3 tidak hanya digenjot di sektor formal saja, tetapi bisa menyentuh hingga ke sektor informal, seperti pada UMKM dan lain sebagainya.

"Berbagai kegiatan kita laksanakan dalam rangka peringatan HPN ini, seperti lomba karya tulis bagi karyawan dan karyawati yang ada di perusahaan-perusahaan. Dengan harapan bisa ikut mengkampanyekan dan mengedukasi bagaimana penerapan K3 di tempat kerjanya. Kemudian, kita juga menyerahkan PWI Inhil Award untuk kategori perusahaan paling informatif dan tokoh inspiratif," tuturnya.

Senada dengan itu, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan PWI Inhil bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau dalam memeriahkan peringatan HPN tahun 2022 ini.

"Tahun ini kami datang ke Inhil dengan jumlah rombongan 8 orang. Tahun depan kami akan bawa 8 bus, karena peringatan HPN tingkat Provinsi Riau akan digelar di Kabupaten Inhil," terangnya.

Sementara itu, Bupati Inhil HM Wardan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada insan pers yang telah bekerjasama dalam memberitakan kemajuan pembangunan di Kabupaten Inhil.

"Diharapkan kerjasama yang sudah terjalin dapat lebih erat kedepannya," imbuhnya.

Terkait dengan rencana penyelenggaraan HPN Tingkat Provinsi Riau yang akan kembali menunjuk Kabupaten Inhil sebagai tuan Rumah, Bupati Wardan sangat menyambut baik dan mengharapkan adanya sesuatu yang berbeda, khususnya dalam mengangkat potensi-potensi yang ada di Negeri Seribu Parit Hamparan Kelapa Dunia ini.

Pada kesempatan tersebut, juga ditampilkan kesenian Jaranan dari Desa Bayas Jaya Kecamatan Kempas, untuk menambah meriah dan semaraknya puncak peringatan HPN di Kabupaten Inhil. (mir/rls)




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan