Pendidikan

Kamsol: Pentingnya Pedoman Pembelajaran Sejarah Bagi Peserta Didik

Kadisdik Provinsi Riau, Kamsol

PEKANBARU (MR) - Untuk meningkatkan mutu dan marwah pendidikan, khususnya di Bumi Lancang Kuning,  Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau, menilai pentingnya pedoman pembelajaran sejarah bagi tenaga pendidik khususnya pendidik sejarah untuk menanamkan sejarah kepada peserta didik. 

"Pedoman pembelajaran sejarah inilah yang harus ditanamkan oleh pendidik sejarah kepada peserta didik agar mereka senantiasa memandang sejarah itu teramat penting dipelajari, sekaligus sebagai pendukung terwujudnya pendidikan berkarakter," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kasmol, Senin (7/3/2022).

Hal tersebut disampaikan Kamsol saat membuka Olimpiade Sejarah Ke-X UNRI Tingkat Nasional Tahun 2020 di gedung Micro Teaching FKIP UNRI. 

Kamsol menyampaikan,  pendidikan sejarah pada dasarnya adalah penanaman rasa waktu (time sense), yang tanpanya orang akan kehilangan orientasi temporal. 

Tujuan pembelajaran sejarah, lanjut Kamsol, untuk menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap diri sendiri, masyarakat, dan proses terbentuknya bangsa Indonesia melalui sejarah yang panjang dan masih berproses hingga masa kini dan masa yang akan datang.

"Artinya pembelajaran sejarah nasional memfokuskan pada pesan diri tertanam karakter yang kuat, mampu mewujudkan cita-cita nasional serta membangkitkan hasrat untuk memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap sejarah," tuturnya. 

Menurut Kamsol, pembelajaran sejarah nasional memiliki tujuan menyadarkan anak tentang cita-cita nasional, pancasila dan Undang-Undang Pendidikan serta perjuangan tersebut untuk mewujudkan cita-cita itu.

"Memiliki semangat untuk meningkatkan pentingnya kebudayaan serta menanamkan semangat untuk memperlajari sejarah kebangsaan terhadap tanah air, bangsa dan negaranya," ucap Kamsol.

(Mediacenter Riau) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan