Riau

Afdhal Raih Juara 1 Lomba Basiacuong HUT Kampar Ke-72 Tahun

KAMPAR (MR) - Dalam rangka HUT Kampar Ke-72 Tahun, Lembaga DIKLAT Adat Kampar (LPP BAIK) yang didukung Lembaga Adat Kampar (LAK) menggelar Lomba Basiacuong Se Kabupaten Kampar tahun 2022 pada 12 - 13 Februari 2022 yang diikuti oleh berbagai peserta dari Kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar.
 
Lomba ini bertujuan untuk melestarikan budaya adat kampar khususnya sastra lisan ocu (Basiacuong) agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman.
 
Afdhal warga asal kecamatan Bangkinang ditetapkan oleh Dewan Juri Lembaga Adat Kampar sebagai peserta terbaik meraih juara 1 Lomba Basiacuong Se Kabupaten Kampar.
 
Dengan raihan Juara 1 ini Afdhal bertekad untuk Melestarikan budaya adat dibumi serambi Mekkah Riau, nagoyi kampar.
 
"Allhamdulilah juri dari LAK menetapkan kami Juara 1 dalam perlombaan ini. Lomba yang diadakan oleh LPP BAIK ini sangat bagus guna untuk merawat sastra lisan adat istiadat Kampar," Ucap Afdhal ketika di hubungi via telepon seluler pada Senen (07/02/22)
 
Selain itu, Anak muda yang kesehariannya sebagai Pendamping Sosial ini akan berupaya mendorong Pemda maupun LAK untuk menjadikan basiacuong sebagai pelajaran adat muatan lokal disekolah-sekolah.
 
"Ini adalah momentum bagi kita semua, pemerintah kabupaten Kampar dan LAK mesti serius dalam upaya pelestarian budaya adat istiadat Kampar. Perlu dijadikan muatan lokal atau ekskul disekolah agar sastra lisan ini terus hidup ketengah masyarakat," kata Afdhal. (Rls)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan